Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar (Ki & Kd) Pendidikan Agama Islam Dan Kebijaksanaan Pekerti Sd/Mi Kelas 1-6 Kurikulum 2013
pada kesempatan ini akan menulis perihal Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar khusus Mata Pelajaran Pendidikan Agama Ialam dan Budi Pekerti SD / Madarsah Ibtidaiyah (SD/MI) secara lengkap mulai dari Kelas I, II, III, IV, V dan VI Semester Ganjil dan Semester Genap muatan Kurikulum 2013.
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SD/MI
KURIKULUM 2013
KELAS I
Kompetensi Sikap Spirituan, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, adalah siswa bisa :
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) | KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SOSIAL) |
1. mendapatkan dan menjalankan anutan agama yang dianutnya | 2. menawarkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
1.1 terbiasa membaca basmalah setiap memulai mencar ilmu al-Qur’an | 2.1 menawarkan sikap percaya diri dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya |
1.2 terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartil | 2.2 menawarkan sikap kasih sayang dan peduli kepada sesama sebagai implementasi pemahaman Q.S. al Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas |
1.3 mendapatkan adanya Allah Swt. yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang | 2.3 menawarkan sikap percaya diri sebagai implementasi pemahaman adanya Allah Swt. |
1.4 mendapatkan keesaan Allah Swt. menurut pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah | 2.4 menawarkan sikap percaya diri sebagai implementasi pemahaman keesaan Allah Swt. |
1.5 mendapatkan adanya Allah Swt. Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maharaja | 2.5 menawarkan sikap kasih sayang, peduli, kerja sama, dan percaya diri sebagai implementasi pemahaman al-Asmau al-Husna: ar-Rahman, ar Rahim, dan al-Malik |
1.6 mendapatkan dan mengakui makna dua kalimat syahadat | 2.6 menawarkan sikap teguh pendirian sebagai implementasi pemahaman makna dua kalimat syahadat |
1.7 terbiasa berdoa sebelum dan setelah belajar | 2.7 menawarkan sikap disiplin sebagai implementasi pemahaman makna doa sebelum dan setelah belajar |
1.8 meyakini bahwa sikap hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai cerminan dari iman | 2.8 menawarkan sikap hormat dan patuh kepada orangtua dan guru |
1.9 meyakini bahwa berkata yang baik, sopan, dan santun sebagai cerminan dari iman | 2.9 menawarkan sikap yang baik, sopan, dan santun dikala berbicara |
1.10 meyakini bahwa bersyukur, pemaaf, jujur, dan percaya diri sebagai cerminan dari iman | 2.10 menawarkan sikap bersyukur, pemaaf, jujur, dan percaya diri |
1.11 terbiasa bersuci sebelum beribadah | 2.11 menawarkan sikap bersih badan, pakaian, barang-barang, dan daerah sebagai implementasi pemahaman makna bersuci |
1.12 menjalankan salat dengan tertib | 2.12 menawarkan sikap disiplin sebagai implementasi pemahaman salat dan aktivitas agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan |
1.13 meyakini kebenaran kisah Nabi Adam a.s. | 2.13 menawarkan sikap pemaaf sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Adam a.s. |
1.14 meyakini kebenaran kisah Nabi Idris a.s. | 2.14 menawarkan sikap semangat dan rajin mencar ilmu sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Idris a.s. |
1.15 meyakini kebenaran kisah Nabi Nuh a.s. | 2.15 menawarkan sikap kerja keras dan kolaborasi sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Nuh a.s. |
1.16 meyakini kebenaran kisah Nabi Hud a.s. | 2.16 menawarkan sikap sopan dan santun sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Hud a.s. |
1.17 meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw. | 2.17 menawarkan sikap jujur dan kasih sayang sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. |
3. memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah | 4. menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia |
3.1 mengetahui huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap | 4.1 melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap |
3.2 memahami pesan-pesan pokok Q.S.al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas | 4.2.1 melafalkan Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas 4.2.2 menawarkan hafalan Q.S. al Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar dan jelas |
3.3 memahami adanya Allah Swt. Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang | 4.3 menawarkan bukti-bukti adanya Allah Swt. yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang |
3.4 memahami keesaan Allah Swt. menurut pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah | 4.4 menawarkan bukti-bukti keesaan Allah Swt. menurut pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah |
3.5 memahami makna al-Asmau al Husna: ar-Rahman, ar-Rahim, dan al-Malik | 4.5 melafalkan al-Asmau al-Husna: ar Rahman, ar-Rahim, danal-Malik |
3.6 memahami makna dua kalimat syahadat | 4.6 melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar dan jelas |
3.7 memahami makna doa sebelum dan setelah belajar | 4.7 melafalkan doa sebelum dan setelah mencar ilmu dengan benar dan jelas |
3.8 memahami sikap hormat dan patuh kepada orangtua dan guru | 4.8 mencontohkan sikap hormat dan patuh kepada orangtua dan guru |
3.9 memahami berkata yang baik, sopan, dan santun | 4.9 mencontohkan cara berkata yang baik, sopan, dan santun |
3.10 memahami makna bersyukur, pemaaf, jujur, dan percaya diri | 4.10 mencontohkan sikap bersyukur, pemaaf, jujur, dan percaya diri |
3.11 memahami tata cara bersuci | 4.11 mempraktikkan tata cara bersuci |
3.12 memahami salat dan aktivitas agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan | 4.12.1melaksanakan salat dan aktivitas agama di sekitar rumahnya melalui pengamatan 4.12.2mencontohkan aktivitas agama di sekitar rumahnya |
3.13 memahami kisah keteladanan Nabi Adam a.s. | 4.13 menceritakan kisah keteladanan Nabi Adam a.s. |
3.14 memahami kisah keteladanan Nabi Idris a.s. | 4.14 menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris a.s. |
3.15 memahami kisah keteladanan Nabi Nuh a.s. | 4.15 menceritakan kisah keteladanan Nabi Nuh a.s. |
3.16 memahami kisah keteladanan Nabi Hud a.s. | 4.16 menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s. |
3.17 memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. | 4.17 menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. |
KELAS II
Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, adalah siswa mampu:
KI DAN KD PAI KELAS II SD/MI KURIKULUM 2013 |
KELAS III
Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, adalah siswa mampu:
KI DAN KD PAI KELAS III SD/MI KURIKULUM 2013 |
Kami rekomndasikan :
KELAS IV
Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, adalah siswa mampu:
KI DAN KD PAI KELAS IV SD/MI KURIKULUM 2013 |
KELAS V
Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, adalah siswa mampu:
KI DAN KD PAI KELAS V SD/MI KURIKULUM 2013 |
KELAS VI
Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, adalah siswa mampu:
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) | KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SOSIAL) |
1. menerima, menjalankan, dan menghargai anutan agama yang dianutnya | 2. menawarkan sikap ujur,Disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air |
1.1 terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartil | 2.1 menawarkan sikap toleran, simpati, waspada, berbaik sangka, dan hidup rukun sebagai implementasi pemahaman Q.S. al Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al- Hujurat/49:12-13 |
1.2 meyakini adanya Allah Swt. tempat meminta, Maha Berkuasa, Maha Mendahulukan, dan Maha Kekal | 2.2 menawarkan sikap peduli sebagai implementasi pemahaman makna al-Asmau al-Husna: as-Samad, al Muqtadir, al-Muqaddim, dan al-Baqi |
1.3 meyakini adanya hari tamat sebagai implementasi pemahaman Rukun Iman | 2.3 menawarkan sikap rendah hati yang mencerminkan iktikad kepada hari akhir |
1.4 menyakini adanya qadha dan qadar | 2.4 menawarkan sikap berserah diri kepada Allah Swt. yang mencerminkan iktikad kepada qadha dan qadar |
1.5 meyakini bahwa sikap hormat dan patuh kepada orangtua, guru, dan sesama anggota keluarga sebagai cerminan dari iman | 2.5 menawarkan sikap hormat dan patuh kepada orangtua, guru, dan sesama anggota keluarga |
1.6 meyakini bahwa sikap toleran dan simpatik terhadap sesama sebagai cerminan dari iman | 2.6 menawarkan sikap toleran dan simpatik terhadap sesama |
1.7 menjalankan kewajiban berzakat sebagai implementasi pemahaman rukun Islam | 2.7 menawarkan sikap peduli sebagai implementasi pemahaman pesan yang tersirat zakat, infaq, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam |
1.8 meyakini kebenaran kisah Nabi Yunus a.s. | 2.8 menawarkan sikap tanggung jawab sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Yunus a.s. |
1.9 meyakini kebenaran kisah Nabi Zakariya a.s. | 2.9 menawarkan sikap kasih sayang sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Zakariya a.s. |
1.10 meyakini kebenaran kisah Nabi Yahya a.s. | 2.10 menawarkan sikap patuh dan taat sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Yahya a.s. |
1.11 meyakini kebenaran kisah Nabi Isa a.s. | 2.11 menawarkan sikap peduli sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Isa a.s. |
1.12 meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw | 2.12 menawarkan sikap semangat dalam mencar ilmu sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad saw |
1.13 meyakini kebenaran kisah sahabat sahabat Nabi Muhammad saw | 2.13 menawarkan sikap peduli sebagai implementasi pemahaman kisah keteladan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw. |
1.14 meyakini kebenaran kisah Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an | 2.14 menawarkan sikap teguh pendirian sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an |
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3. memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan daerah bermain | 4. menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia |
3.1 memahami makna Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al Hujurat/49:12-13 dengan benar | 4.1.1 membaca Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al Maidah/5:2-3 dan Q.S. al Hujurat/49:12-13 dengan terperinci dan benar 4.1.2 menulis Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al Maidah/5:2-3 dan Q.S. al Hujurat/49:12-13 dengan benar 4.1.3 menawarkan hafalan Q.S. Al Kafirun, Q.S. Al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan benar |
3.2 memahami makna al-Asmau al Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al Muqaddim, dan Al-Baqi | 4.2 membaca al-Asmau al-Husna: As Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi dengan terperinci dan benar |
3.3 memahami pesan yang tersirat beriman kepada hari tamat yang sanggup membentuk sikap watak mulia | 4.3 menawarkan pola hikmah beriman kepada hari tamat yang sanggup membentuk sikap akhlak mulia |
3.4 memahami pesan yang tersirat beriman kepada qadha dan qadar yang dapat membentuk sikap watak mulia | 4.4 menawarkan pesan yang tersirat beriman kepada qadha dan qadar yang sanggup membentuk sikap akhlak mulia |
3.5 memahami sikap hormat dan patuh kepada orangtua, guru, dan sesama anggota keluarga | 4.5 mencontohkan sikap hormat dan patuh kepada orangtua, guru, dan sesama anggota keluarga |
3.6 memahami sikap toleran dan simpatik terhadap sesama sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al Kafirun | 4.6 menawarkan sikap toleran dan simpatik terhadap sesama sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al Kafirun |
3.7 memahami pesan yang tersirat zakat, infaq, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam | 4.7 menawarkan pesan yang tersirat zakat, infaq, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam |
3.8 memahami kisah keteladanan Nabi Yunus a.s. | 4.8 menceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus a.s. |
3.9 memahami kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s. | 4.9 menceritakan kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s. |
3.10 memahami kisah keteladanan Nabi Yahya a.s. | 4.10 menceritakan kisah keteladanan Nabi Yahya a.s. |
3.11 memahami kisah keteladanan Nabi Isa a.s. | 4.11 menceritakan kisah keteladanan Nabi Isa a.s. |
3.12 memahami kisah Nabi Muhammad saw. | 4.12 menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. |
3.13 memahami kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw. | 4.13 menceritakan kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw. |
3.14 memahami kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an | 4.14 menceritakan kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an |
Silahkan unduh / download filenya di bawah ini.
Demikianlah perihal KI dan KD Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD dan Madrasah Intidaiyah mulai Kelas 1 hingga kelas VI kami sajikan secara lengkap.