Soal Latihan Dan Kunci Tanggapan Seleksi Kompetensi Bidang (Skb) Guru Kelas Sd
Dalam kesempatan yang baik ini kami informasikan terkait dengan soal latihan seleksi kompetensi Bidang yang disingkat dengan SKB untuk Guru Kelas SD *Sekolah Dasar) yang dilengkapi dengan kunci jawaban.
Soal ini sanggup membantu Bapak Ibu Guru khususnya yang mengajar di SD yang kini berstatus Honorer Kategori II dengan dasar pernah mengikuti Testing Tahun 2013 yang lalu. Dengan bukti mempunyai Kartu Testing CPNS Tahun 2013.
Contoh Kartu Peserta Testing CPNS Tahun 2013 |
Sebagai materi untuk memperlancar dalam pelaksanaan mengisi tanggapan Tes ASN (aparatur Sipil Negara) baik untuk Peserta Tes yang CPNS maupun untuk Calon PPPK/P3K. Kami sedikan pola Soal Latihan yang dilengkapi dengan Kunci Jawabannya. Dan bisa di baca kemudian disimak serta sanggup dipahami pada artikel di bawah ini.
Inilah Contoh Soalnya untuk CPNS atau Calon PPPK/P3K
SOAL LATIHAN
SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB)
GURU KELAS SEKOLAH DASAR
SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB)
GURU KELAS SEKOLAH DASAR
Pilihlah salah satu tanggapan jawaban yang benar !
1) Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum sanggup berfikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan perkembangan anak pada tahap ...
A. Tahap sensorimotorik
B. Tahap praoperasional
C. Tahap operasional konkrit
D. Tahap operasional konkrit
2) Seorang anak dengan kemampuan memakai kata secara efektif baik ekspresi (pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun tertulis/tulisan (sastrawan, penulis skenario drama/film, fonologi atau bunyi bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi pragmatik atau penggunaan mudah bahasa) berdasarkan Howard Gardner anak tersebut mempunyai kecerdasan...
A. Kecerdasan Bahasa (linguistic)
B. Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)
C. Kecerdasan Ruang (spatial)
D. Kecerdasan Gerak Tubuh
3) Untuk mengetahui kemampuan awal akseptor didik, seorang pendidik sanggup melaksanakan ...
A. pengayaan materi pelajaran
B. refleksi
C. latar belakang akseptor didik
D. tes awal (pre-test)
4) Dalam mengidentifikasi masalah kesulitan berguru sanggup dilakukan dengan metode criterion referenced. Yang bukan merupakan tahap metode criterion referenced yaitu ...
A. Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang sanggup diterima, contohnya 5,0 atau 6,0.
B. Membandingkan prestasi dari setiap siswa dengan angka nilai batas lulus tersebut.
C. Menganalisis kemampuan akseptor didik
D. Menghimpun siswa yang diduga mengalami kesulitan belajar
5) Dalam kompetensi pedagogik guru mengusai teori berguru dan prinsip prinsip pembelajaran yang mendidik. Dalam prinsip pembelajaran yang mendidik guru harus ...
A. Melaksanakan Proses Pembelajaran sesuai jadwal
B. Menerapkan banyak sekali pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
C. Menggunakan taktik pembelajaran
D. Hanya memakai teknik pembelajaran
6) Salah satu unsur taktik pembelajaran yaitu Mengidentifikasi dan memutuskan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan sasaran (target) yang harus dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya. (Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003)
Penerapan dari unsur taktik di atas dalam konteks pembelajaran yaitu ...
A. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil sikap dan pribadi akseptor didik.
B. Mempertimbangkan dan menentukan sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang paling efektif.
C. Mempertimbangkan dan memutuskan langkah-langkah atau prosedur, metode dan teknik pembelajaran.
D. Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan ukuran baku keberhasilan
7) Yang ditekankan di dalam taktik pembelajaran interaktif adalah...
A. membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri
B. diskusi dan sharing diantara akseptor didik
C. pembelajaran didominasi isyarat dari guru
D. proses penyampaian materi secara verbal
8) Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan memutuskan SKL berdasarkan kesiapan siswa, tujuan pendidikan nasional, dan kebutuhan. Setelah kompetensi ditetapkan kemudian ditentukan kurikulumnya yang terdiri dari kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa faktor yang harus dikembangkan antara lain ......
A. Tantangan internal dan Eksternal
B. Responsibility
C. Reinforced
D. Enriched
9) Kurikulum 2013, proses pembelajaran memakai pendekatan saintifik, Artinya yaitu ....
A. kurikulum harus mengandung hal-hal barusehingga sanggup membantu siswa untuk ,
dapat mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya
B. Menyeleksi nilai dan budaya, mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang harus dimiliki oleh siswa
C. Pembelajaran yang mendorong siswa lebih bisa dalam mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan
D. Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran
10) Pengembangan kurikulum pemangku kepentingan ( sttka dilakukan dengan melibatkan pemangku ( stakeholders ) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu
11) Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa akseptor didik mempunyai posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya semoga menjadi insan yang beriman dan berakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa , berakhlak mulia, sehat,berilmu, cakap, kreatif, berdikari dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum ..........
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu
12) Upaya guru dalam memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman berguru yang telah dialami yang paling optimal yaitu dengan cara ....
A. Guru memperlihatkan tes atau pekerjaan rumah setiap simpulan pelajaran
B. Guru memakai pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuransaat pembelajaran berlangsung
C. Guru mewawancarai tiap siswa wacana capaian atau problem berguru yang dihadapi siswa dalam belajar
D. Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar
13) Upaya merancang pengayaan bagi akseptor didik yang mencapai ketuntasan berguru optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut ...............
A. Memberikan suplemen materi berupa sumber latih dari pengarang yang berbeda
B. Memberikan tes suplemen dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
C. Memberikan suplemen sumber baaan suplemen yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument tesnya yang sesuai
D. Memberikan suplemen materi berupa sumber latih dari penerbit yang berbeda
14) Yang di maksud dengan penilaian yaitu ....
A. Pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil berguru akseptor didik.
B. Proses yang di lakukan untuk mengambil keputusan berdasaarkan evaluasi.
C. Membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria.
D. Proses interaksi antara akseptor didik dan pendidik
15) Bentuk penilaian yang menghendaki akseptor didik menampilkan sikap memakai pengetahuan yang di peroleh dalam pembelajaran dalam melaksanakan kiprah di sebut penilaian
A. Pre test
B. post test
C. Autentik
D. Non Autentik
16) Pendidik melaksanakan penilaian kompetensi sikap melalui observasi penilaian diri, penilaian “teman sejawat” (peer evaluation) oleh akseptor didik. Adapun instrumen yang di gunakan dalam penilaian tersebut yaitu :
A. Skala penilaian (rating scole)
B. rubrik
C. jurnal
D. Soal tes
17) Lingkup penilaian hasil berguru meliputi kompetensi beberapa kompetensi yaitu;
A. kompetensi spiritual, kompetensi sikap.
B. kompetensi inti, kompetensi dasar
C. kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi keterampilan, kompetensi pengetahuan.
D. kompetensi sikap sosial
18) Aspek yang di nilai dalam pembelajaran matetamatika sebagai berikut kecuali ;
A. Pemahaman konsep
B. Menggunakan grafik
C. melaksanakan prosedur
D. pemecahan problem dan sikap
19) Konsep menyodorkan banyak sekali situasi kepada siswa dan mendorong siswa untuk menyelidiki, mencari jawabannya yaitu konsep dan strategi.....
A. Juscovery learning
B. Induktif learning
C. Inquiry learning
D. Cooperatif learning
20) Guru memebentuk kelompok kelompok berguru dan memeberikan kiprah kepada tiap kelompok . Setiap anggota dari suatu kelompok memperlihatkan kiprah dan fungsi tertentu sehingga kalau salah satu tidak menjalankan tugasnya maka pekerjaan kelompok tersbut tidak sanggup di selesaikan . karakteristik dari taktik pembelajaran tersebu yaitu ;
A. Tugas kelompok
B. Diskusi kelompok kecil
C. Pengajaran eksklusif (direct teaching)
D. berguru kooperatf (cooperatf learning)
21) Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran mempunyai tiga fungsi utama yang di gunakan dalam kegiatan pembelajaran kecuali
A. Teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran
B. Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)
C. Teknologi sebagai materi dann alat bantu pembelajaran (literacy)
D. Teknologi sebagai alat pengembangan produk
22) Bu Ani mengajak siswa kelas V ke ladang jagung milik petani untuk mengamati tanaman jagung yang siap di panen muda. Selanjutnya ibu Ani mengusut laporan hasil observasi siswa. Dari hasil pembagian terstruktur mengenai kecenderungan gaya berguru siswa di peroleh peringkat hasil berguru peringkat terbaik dari pembelajaran berupa observasi di luar kelas memperlihatkan siswa memeiliki kecenderungan gaya berguru berhasil baik melalui.....
A. Visual (pandangan mata)- Auditif (pendengaran)
B. Visual (pandangan mata ) – Kinestik (gerak )
C. Auditif (pendengaran )- Kinestetik (gerak)
D. Auditif Visual dan kinestetik
23) Upaya membimbing siswa untuk mengembang ketrampilan pengetahuan terlihat dalam upaya guru:
A. memberi pola penting toleransi
B. mendiskusikan bagaimana mengubah permasalahan disekitar siswa
C. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
D. melatih siswa menciptakan keputusan yang diambil berdasarkan informasi
24) Upaya guru memakai hasil analisis untuk menentukanketuntasan berguru antara lain sebagai berikut ....
A. menentukan kreteria keberhasilan belajar
B. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
C. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kreteria keberhasilan yang diharapkan
D. merencanakan pengajaran remidi
25) Kegemaran anak akan dongeng /cerita yang bersifat kritis ibarat kisah perjalanan riwayat para pendekar dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak berusia....
A. 3-5tahun
B. 6-8 tahun
C. 10-12 tahun
D. 15-18 tahun
26) Beberapa siswa mempunyai kecenderungan berguru berupa mengerjakan soal atau kiprah dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan .Gaya berguru para siswa tersebut adalah.......
A. implusive
B. reflektif
C. gaya berfikir terikat
D. gaya berfikir bebas
27) Hal yang mengandung makna Pancasila sebagai kaidah dasar Negara bersifat.......
A. jujur dan adil
B. mengikat dan memaksa
C. sementara dan selamanya
D. bekerjsama dan sejujunya
28) Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang ......
A. Adil
B. Obyektif
C. Valid
D. Sistematis
29)Jika roda pertama berputar 3 kali, dan roda kedua berputar 9 kali, berapakalikah roda kedua akan berputar kalau roda pertama berputar 10 kali
A. 30
B. 21
C. 27
D. 18
30) Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk sanggup menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau acara yaitu ....
A. Pengukuran
B. Evaluaasi
C. Penilaian
D. Penilaian
31) Proses mendengarkan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh disebut.....
A. Membaca intensif
B. Membaca langsung
C. Membaca deduktif
D. Membaca sekilas
32) Etika Pancasila yaitu .....
A. Ketuhanan, kemanusiaan dan keadilan
B. Keagamaan, social dan kerakyatan
C. Kebangsaan , kedaerahan dan kebudayaan
D. Ketuhanan, kerakyatan dan kebangsaan
33) Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi berguru siswa dan semoga proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada....
A. Metode pembelajaran
B. Pendekatan pembelajaran
C. Strategi pembelajaran
D. Gaya pembelajaran
34) Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu (1) meningkatkan proses berguru mengajar, (2) memakai rancangan yang bersifat siklus di mana setiap siklus memperhatikan perubahan langkah demi langkah, dan (3) meliputi proses refleksi dan partisipatif, kecuali....
A. Meningkatkan proses berguru mengajar
B. Menggunakan rancangan yang bersifat siklus
C. Mencakup proses refleksi
D. Menggunakan metodelogi terbaru
35) Pada suatu hari dalam perjalanan menumpangi kendaraan beroda empat angkot. Dua penumpang yang masih muda belia tertawa, tetapi tidak terdengar mereka melaksanakan interaksi. Karena penasaran, saya mencoba memperhatiakan apa yang mereka lakukan. Ternyata mereka yaitu siswa-siswa tuna rungu sedang asyik berkomunikasi, akan tetapi komunikasi yang dilakukan tidak memakai bahasa. Mereka memakai jari-jari tangan untuk berkomunikasi. Dengan demikian mereka menggunkan bahasa isyarat. Dari ilustrasi di atas, bahasa termasuk komunikasi.....
A. Verbal
B. Nonverbal
C. Inverbal
D. Sistimatik
36) Seorang bayi mulai berinteraksi dengan mengeluarkan bunyi-bunyi yang tidak beraturan ketika diperlihatkan sebuah maianan dan diajak bicara. Seorang ibu seringkali memberi kesempatan kepada bayi untuk ikut dalam komunikasi sosial dengannya. Bayi mengangkat-angkat badannya seakan-akan memberi tanda untuk minta digendong. Ketika itulah bayi pertama kali mengenal sosialisasi dan mencicipi bahwa dunia ini tempat orang saling menyebarkan rasa. Proses anak mulai mengenal komunikasi dengan lingkungannya secara verbal disebut dengan....
A. Pemerolehan bahasa
B. Pemerolehan isyarat anak
C. Pemecahan bahasa anak
D. Karakteristik anak
37) Penggunaan karakter kapital di bawah ini yang benar adalah....
A. “kapan bapak berangkat?” tanya dirman
B. Presiden joko widodo berkunjung ke blora.
C. Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma
D. teluk bone sungguh indah dan mengagumkan.
38) Bahasa Indonesia Baku yaitu bahasa Indonesia yang mengikuti kaidah atau pola bahasa Indonesia yang sedang berlaku.
Penggunaan karakter miring pada kalimat di atas dipakai untuk....
A. Menulis judul buku
B. Menjelaskan atau mengkhususkan huruf, potongan kata, atau kelompok kata
C. Menuliskan kata nama-nama ilmiah
D. Menuliskan nama majalah
39) Masyarakat Indonesia terdiri dari banyak sekali suku dengan bahasa yang berbeda-beda, maka akan sulit berkomunikai kecuali ada satu bahasa pokok yang digunakan. Maka dari itu digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal ini Bahasa Indonesia mempunyai kedudukan dan fungsi....
A. Sebagai lambang pujian kebangsaan
B. Sebagai alat pemersatu bangsa
C. Sebagai alat perhubungan
D. Sebagai lambang identitas nasional
40) Untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan segala hal dalam konteks pendidikan digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal tersebut merupakan fungsi Bahasa Indonesia sebagai....
A. Alat perhubungan tingkat nasional
B. Alat pengembangan kebudayaan dan IPTEK nasional
C. Bahasa yang dipakai dalam kejadian kenegaraan
D. Bahasa pengantar di forum pendidikan
41) Model pembelajaran yang cocok dengan mata pelajaran matematika adalah....
A. Model Inquiry Learning
B. Model Discovery Learning
C. Model Problem Based Learning
D. Model Project Based Learning
42) Teman-teman, pernah punya pengalaman ibarat Fikri, nggak? Sewaktu ia bermain di sungai bersama teman-temannya, ia mnginjak kerikil sungai yang licin. Akibatnya ia terpeleset dan byuurrr... jatuh deh ke sungai. Waah... asyik, ya, bermain di sungai. Eh, teman-teman tahu nggak, mengapa kerikil di sungai halus dan licin sedangkan batu-batu di darat banyak yang kasar? Begini penjelasannya, simak ya....
Dalam bacaan di atas memakai ragam bahasa....
A. Resmi
B. Baku
C. Tidak baku
D. Daerah
43) Peggunaan tanda baca yamg benar dibawah ini yaitu ............
A. Kita kini memerlukan meja. kursi. dan lemari.
B. Kita, kini memerlukan meja, kursi, dan lemari !
C. Kita kini memerlukan meja, dingklik dan lemari.
D. Kita kini memerlukan meja dingklik dan lemari ?
44) Menyimak sebagai sebuah keterampilan berbahasa , Karena .........
A. Menyimak sambil melaksanakan kegiatan lain tidak bisa menanggapi secara tepat
B. Menyimak sambil melaksanakan aktifitas lain bisa menanggapi secara tepat
C. Membaca sambil menyimak bisa menangkap pembicaraan secara benar
D. Menyimak sambil menyanyi , ternyata sanggup menanggapi secara tepat
45) Dalam pembelajaran membaca permulaan, ada beberapa metode yang sanggup dipakai kecuali .....
A. Metode Kupas rangkai suku kata
B. Metode kata lembaga
C. Metode SAS
D. Metode Cerita
46) Berikut diberikan studi masalah :
Mula-mula diberikan kalimat secara keseluruhan. Kalimat itu diuraikan atas kata-kata yang mendukungnya. Dari kata – kata itu kita ceraikan atas suku – suku katanya dan kesudahannya atas karakter – hurufnya.Kemudian karakter – karakter itu kita sintetiskan kembali menjadi suku kata, suku kata menjadi kata dan kata menjadi kalimat. Berdasarkan studi masalah metode membaca permulaan yang tepat dipakai yaitu ....
A. Metode Alfabet
B. Metode Suku Kata
C. Metode SAS
D. Metode Cerita
47) Memilihberbagai metode menulis permulaan
1). Menulis permulaan
2). Merangkaikan karakter lepas menjadi suku kata
3). Merangkaikan suku kata menjadi kata
4). Menyusun kata menjadi kalimat
Tahapan diatas yaitu teknik menulis permulaan dengan metode ............
A. Metode Eja
B. Metode Kata Lembaga
C. Metode SAS
D. Metode Global
48) Merancang banyak sekali kegiatan menulis di kelas tinggi.
Berikut adaah kegiatan menulis lanjutan di kelas tinggi,kecuali....
A. Menulis wacana banyak sekali topik
B. Menulis pengumuman
C. Menulis pantun
D. Menulis memo
49) Kegiatan mementaskan lakon atau kisah biasanya guru dan siswa mempersiapka naskah dan skenario,perilaku dan perlengkapan.kegiatan tersbut mengekpesikan perasaan dan pikiran siswa dalam bentuk bahasa lisan.hal tersebut termasuk hakekat berbicara jenis.....
A. Bercerita
B. Cerita berantai
C. Bermain peran
D. Dramatisasi
50) 1) Warna batunya merah menyala ibarat api, bila terkena sinar matahari akan menyilaukan mata.
2) Ayah mempunyai kerikil akik yang sangat-sangat ia sukai.
3) Batu akik ini sungguh asing sebab seakan menyala dikala lampu mati.
4) Tidak salah kalau Ayah sangat suka dengan kerikil akiknya ini.
Urutan kalimat-kalimat di atas semoga menjadi paragraf yang padu yaitu ...
A. 1 – 4 – 2 – 3
B. 1 – 3 – 2 – 4
C. 2 – 1 – 3 – 4
D. 2 – 3 – 4 – 1
Lihat juga :
51) Hakekat karya sastra apapun bentuknya tetap sama yakni .....
A. Pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan dimensinya.
B. Pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan waktunya.
C. Pengalaman kemanusiaan dalam segala hal.
D. Pengalaman kemanusiaan dalam segala aspek kehidupan.
52) Sastra Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu ...
A. Puisi, prosa, sajak
B. Puisi, pantun, drama
C. Puisi, prosa, drama
D. Puisi, drama, sajak
53) Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang tiba membayang
( ... )
Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi diatas yaitu ...
A. Batang usiaku sudah tinggi
B. Aku telah menjelang ajal
C. Aku lalai di hari pagi
D. Akhh, untuk apa ku sesalkan
54) Pada suatu pagi, beberapa anak burung berkumpul di tengah hutan sambil bergurau.
Mereka yaitu burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, Burung Elang, dan Burung Gereja.
Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang memamekan diri kepada Burung Gereja. Burung Merak memamerkan bulunya yang indah. Burung Beo memarkan suaranya yang indah. Burung Murai Batu memamerkan kicauannya yang merdu. Burung Elang memamerkan kegagahannya.
Burung Gereja sedih. Tak ada dalam dirinya yang bisa dibanggakan. Bulunya tidak indah. Suaranya juga tidak merdu. Badannya pun tidak gagah. Lalu, burung Gereja pulang ke rumah dan bertemu dengan ibunya. Ia menceritakan kesedihannya. Ibu burung Gereja menghibur anaknya.
Suatu hari, burung Gereja berjalan-jalan ke hutan. Ia ingin sekali menemui teman-temannya. Tetapi tidak satupun temannya yang terlihat. Ia kemudian berjalan ke tepi hutan. Di tempat Pak Tani, Burung Gereja melihat Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang dalam perangkap Pak Tani. Mereka bercerita hendak dijual ke kota. Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang sedih. Mereka meratapi kesombongannya.
Amanat yang sanggup kita petik dari kisah tersebut yaitu ...
A. Kita dihentikan menyombongkan kelebihan yang kita miliki.
B. Kita dihentikan memamerkan kekurangan kita.
C. Kesabaran dan ketabahan hati akan mendatangkan kebaikan.
D. Kita harus membanggakan diri sendiri supaya percaya diri.
55) Perhatikan cuplikan obrolan berikut !
Bu guru : “ Ibu mint kalian berdua jujur ! Kenapa isi kiprah kalian bisa sama persis, bahkan titik dan komanya sekalipun “
Aline : “ Saya mengerjakan karya tulis itu sendiri bu.”
Chelsea : “ Saya juga mengerjakan karya nrimo saya sendiri.”
Bu guru : ” Lalu, bagaimana dengan ulangan tadi. Mengapa isi dari tanggapan ulangan
kalian tidak sama dengan isi karya tulis kalian? Bisa menjelaskan ke ibu?
( usang Aline dan Chelsea termangu )
Bu guru : “ Baiklah kalau kalian tidak mau mengaku, ibu anggap kalian tidak mengerjakan kiprah karya tulis dan tidak mengikuti ulangan tadi.”
Karakter Bu Guru dalam drama di atas yaitu ...
A. Galak
B. Tegas
C. Pemaaf
D. Bijaksana
56) Berapakah FPB dan KPK dari 126 dan 198 ...
A. 9 dan 1386
B. 18 dan 1386
C. 18 dan 1368
D. 9 dan 1368
57) Diketahui fungsi f : dan fungsi f ditentukan dengan rumus f (x) = x2 + 1, kalau f (a) = 10, itunglah nilai a yang mungkin.
A. a = 3 atau a = -3
B. a = -3 atau a = 3
C. a = -3 atau a = -3
D. a = 3 atau a = 3
A. Pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan dimensinya.
B. Pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan waktunya.
C. Pengalaman kemanusiaan dalam segala hal.
D. Pengalaman kemanusiaan dalam segala aspek kehidupan.
52) Sastra Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu ...
A. Puisi, prosa, sajak
B. Puisi, pantun, drama
C. Puisi, prosa, drama
D. Puisi, drama, sajak
53) Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang tiba membayang
( ... )
Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi diatas yaitu ...
A. Batang usiaku sudah tinggi
B. Aku telah menjelang ajal
C. Aku lalai di hari pagi
D. Akhh, untuk apa ku sesalkan
54) Pada suatu pagi, beberapa anak burung berkumpul di tengah hutan sambil bergurau.
Mereka yaitu burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, Burung Elang, dan Burung Gereja.
Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang memamekan diri kepada Burung Gereja. Burung Merak memamerkan bulunya yang indah. Burung Beo memarkan suaranya yang indah. Burung Murai Batu memamerkan kicauannya yang merdu. Burung Elang memamerkan kegagahannya.
Burung Gereja sedih. Tak ada dalam dirinya yang bisa dibanggakan. Bulunya tidak indah. Suaranya juga tidak merdu. Badannya pun tidak gagah. Lalu, burung Gereja pulang ke rumah dan bertemu dengan ibunya. Ia menceritakan kesedihannya. Ibu burung Gereja menghibur anaknya.
Suatu hari, burung Gereja berjalan-jalan ke hutan. Ia ingin sekali menemui teman-temannya. Tetapi tidak satupun temannya yang terlihat. Ia kemudian berjalan ke tepi hutan. Di tempat Pak Tani, Burung Gereja melihat Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang dalam perangkap Pak Tani. Mereka bercerita hendak dijual ke kota. Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang sedih. Mereka meratapi kesombongannya.
Amanat yang sanggup kita petik dari kisah tersebut yaitu ...
A. Kita dihentikan menyombongkan kelebihan yang kita miliki.
B. Kita dihentikan memamerkan kekurangan kita.
C. Kesabaran dan ketabahan hati akan mendatangkan kebaikan.
D. Kita harus membanggakan diri sendiri supaya percaya diri.
55) Perhatikan cuplikan obrolan berikut !
Bu guru : “ Ibu mint kalian berdua jujur ! Kenapa isi kiprah kalian bisa sama persis, bahkan titik dan komanya sekalipun “
Aline : “ Saya mengerjakan karya tulis itu sendiri bu.”
Chelsea : “ Saya juga mengerjakan karya nrimo saya sendiri.”
Bu guru : ” Lalu, bagaimana dengan ulangan tadi. Mengapa isi dari tanggapan ulangan
kalian tidak sama dengan isi karya tulis kalian? Bisa menjelaskan ke ibu?
( usang Aline dan Chelsea termangu )
Bu guru : “ Baiklah kalau kalian tidak mau mengaku, ibu anggap kalian tidak mengerjakan kiprah karya tulis dan tidak mengikuti ulangan tadi.”
Karakter Bu Guru dalam drama di atas yaitu ...
A. Galak
B. Tegas
C. Pemaaf
D. Bijaksana
56) Berapakah FPB dan KPK dari 126 dan 198 ...
A. 9 dan 1386
B. 18 dan 1386
C. 18 dan 1368
D. 9 dan 1368
57) Diketahui fungsi f : dan fungsi f ditentukan dengan rumus f (x) = x2 + 1, kalau f (a) = 10, itunglah nilai a yang mungkin.
A. a = 3 atau a = -3
B. a = -3 atau a = 3
C. a = -3 atau a = -3
D. a = 3 atau a = 3
59) Harga 2 koper dan 5 tas yaitu Rp 600.000,00, sedangkan harga 3 koper dan 2 tas yaitu Rp 570.000,00. Harga sebuah koper dan tas yaitu ...
A. Rp 240.000,00
B. Rp 270.000,00
C. Rp 330.000,00
D. Rp 390.000,00
60)Jumlah dua buah bilangan sama dengan 20. Jika hasil kali kedua bilangan itu sama dengan 75, maka bilangan-bilangan tersebut yaitu ...
A. 4 dan 16
B. 5 dan 15
C. 6 dan 14
D. 8 dan 12
61) Nugraha membeli 3kg jeruk dan 2kg jambu dan ia harus membayar Rp. 16.000 sedangkan Dewi membeli 6kg mangga dan 1kg jambu dengan harga Rp. 26.000.
Berapakah harga 10kg jeruk dan 5kg?
A. Rp. 30.000
B. Rp. 32.000
C. Rp. 40.000
D. Rp. 50.000
62)
A. 90
B. 100
C. 110
D. 120
63) Perhatikan sifat-sifat bangkit datar berikut !
1) mempunyai dua pasang sisi yang sama panjang
2) mempunyai diagonal yang saling tegak lurus
3) mempunyai sudut siku-siku
4) mempunyai 2 pasang sisi sejajar
5) mempunyai sepasang sudut sama besar
Dari sifat-sifat di atas yang merupakan sifat laying-layang yaitu ....
A. 1), 2), 3)
B. 1), 3), 4)
C. 1), 3), 5)
D. 1), 2), 5)
64) Hasil pencerminan terhadap garis x dari bangkit di bawah ini yaitu ....
65) Novi mengendarai kendaraan beroda empat dari Kota Semarang menuju Blora dengan kecepatan 40 km/jam, sedangkan Ima mengendarai kendaraan beroda empat dari Blora menuju Semarang dengan kecepatan 60 km/jam. Jika jarak Kota Semarang dengan Blora yaitu 125 km dan mereka berangkat pada pukul 07.00 maka pada pukul berapa mereka akan berpapasan?
A. 08.00
B. 08.15
C. 08.25
D. 08.30
66) Data nilai siswa kelas VI berturut turut yaitu 8, 7, 6, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 7. Dari data tersebut berapakah mediannya?
A. 8
B. 7,5
C. 7
D. 6,5
67) Bus Trans Jakarta berisi penumpang berangkat dari terminal ke pasar, di halte pertama turun 4 orang, di halte kedua naik 2 orang hingga di pasar ternyata ada 15 orang. Berapa banyak penumpang yang naik pada terminal?
A. 17
B. 15
C. 13
D. 11
68) Suatu lapangan berbentuk persegi panjang dengan luas 120 m2. Panjang lapangan tersebut yaitu 12 m. Berapakah kelilingnya?
A. 22 m
B. 24 m
C. 42 m
D. 44 m
69) Suku ke-4 dan suku ke-9 suatu barisan aritmatika berturut-turut yaitu 110 dan 150. Suku ke 30 barisan tersebut yaitu ....
A. 308
B. 318
C. 326
D. 344
A. 08.00
B. 08.15
C. 08.25
D. 08.30
66) Data nilai siswa kelas VI berturut turut yaitu 8, 7, 6, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 7. Dari data tersebut berapakah mediannya?
A. 8
B. 7,5
C. 7
D. 6,5
67) Bus Trans Jakarta berisi penumpang berangkat dari terminal ke pasar, di halte pertama turun 4 orang, di halte kedua naik 2 orang hingga di pasar ternyata ada 15 orang. Berapa banyak penumpang yang naik pada terminal?
A. 17
B. 15
C. 13
D. 11
68) Suatu lapangan berbentuk persegi panjang dengan luas 120 m2. Panjang lapangan tersebut yaitu 12 m. Berapakah kelilingnya?
A. 22 m
B. 24 m
C. 42 m
D. 44 m
69) Suku ke-4 dan suku ke-9 suatu barisan aritmatika berturut-turut yaitu 110 dan 150. Suku ke 30 barisan tersebut yaitu ....
A. 308
B. 318
C. 326
D. 344
71) Menerapkan pengetahuan, konseptual, prosedural, danketerkaitankeduanya dalam konteksmateri Geometri.
Dari barisan geometri diketahui bahwa U3 = 4 dan U9 = 256, maka tentukan U12!
A. 2048 C. 2047
B. 2049 D. 2046
72) Menerapkan pengetahuankonseptual, prosedural, danketerkaitankeduanya dalam konteksmateri pengukuran Sebuah kolam mandi diisi air mulai pukul 07.20 hingga dengan pukul 07.50 dengan debit air 10 liter/menit. Berapa liter volume air dalam kolam mandi tersebut?
A. 3000 liter
B. 300 liter
C. 30 liter
D. 30000 liter
73) Menggunakan pengetahuankonseptual, prosedural, danketerkaitankeduanya dalam konteksmateri Statistika Nilai rata-rata ulangan matematika dari 7 siswa yaitu 6,50. Ketika nilai satu orang siswa ditambahkan, maka rata-ratanya menjadi 6,70. Nilai siswa yang ditambahkan yaitu ....
A. 9,10
B. b. 8,10
C. 7,10
D. 6,10
74) Menggunakan pengetahuankonseptual, prosedural, danketerkaitankeduanya dalam konteks materi Logika/Penalaran Matematika Dari pernyataanberikutini, manakah yang merupakaningkaran dari pernyataan Jakarta Ibukota RI.
A. Jakarta bukanibukota RI
B. Jakarta adalahibukota RI
C. Benarbahwa Jakarta Ibukota Jakarta
D. Benarbahwa Jakarta bukanIbukotadari RI
75) Menentukan alat peragadalam pembelajarannbilangan Bu Ani ingin mengajarkan kepada bawah umur kelas 1 wacana nilai tempat suatu bilangan (satuan, puluhan, ratusan, dan ribuan), Media yang tepat dipakai Bu Ani dalam Pembelajaran tersebut adalah...
A. Kartu bilangan
B. Blok dienes
C. Loncat katak
D. Papan berpaku
76) Mengklasifikasikan alatperaga dalam pembelajaranGeometri dan pengukuran Pak Arief ingin mengajarkan cara mengukur luas halaman sekolah dengan satuan meter.Alat peraga yang sebaiknya dipakai supaya pembelajaran menarik adalah...
A. Pita garis bilangan, mistar, tangga garis
B. Blok dienes, mistar, pita garis bilangan
C. Mistar, uang logam, blok dienes
D. Tangga garis, blok dienes, tangga garis
77) Menentukan alat ukur dalam pembelajaranbgeometri dan pengukuran Ketidakpastian yang ada pada pengukuran tunggal ditetapkan sama dengan setengah skala terkecil dari alat ukur yang digunakan.Jika kita memakai mistar atau penggaris, maka ketidakpastiannya yaitu sama dengan....
A. 0,05 cm C. 0,1 cm
B. 0,01 cm D. 1 cm
78) Memecahkan PembelajaranIPS SD (diberikan masalah dalam pembelajaran, akseptor sanggup menyimpulkan pembelajaran dalam masalah tersebut Bu,fitri yaitu guru SD Negeri 2 Sukamakmur ,mengajar di kelas Beliau memperlihatkan pelajaran IPS,dengan materi “ Menceritakan Pengalaman Diri. Sebelum memulai pelajaran, anak-anakberbaris di depan kelas,kemudian diperiksa kebersihannya, terutama kuku tangan dan telinga. Sambil diperiksa anak masuk kedalam kelas satu persatu. Anak- anak diajak berdoa dan kemudian mengucapkan salam.
Sebelum memperlihatkan materi, memberi motivasi kepada anak, saya bertanya “siapa tadi yangtidak mandi” anak – anak terdiam. Mari kita nyanyikan lagu bangkit tidur ku terus mandi,tidak lupa menggosok gigi, habis mandi kutolong ibu, membersihkan tempat tidurku. Kesimpulan dari pembelajaran IPS yang dilakukan bu Fitri yaitu ....
A. Guru kurang memotivasi anak dalam pembelajaran
B. Guru mengajak siswa bernyanyi untuk memotivasi anak
C. Anak-anak hanya membisu saja dikala diberi pertanyaan dalam pembelajaran sebab guru kurang memotivasi anak
D. Guru memperlihatkan motivasi kepada siswa dalam pembelajaran
79) Menegaskan Fokus utamakajian pembelajaran IPS diSD (diberikan masalah pola Hari selasa, dikala pelajaran IPS pak Sunarto akan memperlihatkan materi pada bawah umur wacana silsilah keluarga. Waktu pelajaran yaitu 2 x 35 menit. Setelah mengutarakan tujuan yang akan dibahas hari ini, pak Sunarto mengajukan pertanyaan pada para siswa untuk mengawali pelajaran.
“ Anak- anak tentunya kalian mempunyai keluaga di rumahkan,,?”
“ iya pak, punya.” Jawab semua siswa srentak.
“ Coba kalian sebutkan siapa saja yang dirumah kalian yang masuk dalam anggota keluarga !”
“ Ada ayah, ibu, adik, kakak, kakek, nenek” Jawab para siswa bersahut-sahutan.
Kemudian pak Sunarto menempelkan sketsa dan foto silsilah keluarga. Anak-anak mengamati sambil menyimak penjelasam dari pak sunarto. Sesekali pak sunarto melemparkan pertanyaan kepada siswa dan pertanyaan dijawab dengan benar. Pak Sunarto mengakhiri klarifikasi dengan memperlihatkan pertanyaan pada siswa “ apakah kalian sudah mengerti semua wacana silsilah keluarga yang sudah bapak jelaskan,,?”
Tanya pak Sunarto.
“ Sudah pak”, jawab anak- anak serentak.
“ kalau masih ada yang kurang terperinci atau bingung, anak- anak boleh bertanya ”
“ tiadak ada pak”, jawab anak- anak lagi secara serentak.
Pak sunarto memperlihatkan kiprah kepada siswa semoga dikerjakan sendiri- sendiri. Pak sunarto yakin, niscaya nialai anak- anak memuaskan sebab bawah umur berhasil menjawab pertanyaan yang tadi di lemparkan. Tugas yang diberikan juga sama dengan kiprah yang di jelaskan pak sunarto, hanya saja diganti nama-nama pada sketsa silsilah keluarrga.
Setelah semuanya selesai, pekerjaaan di kumpulkan dan sesudah di koreksi ternyata hasilnya mengecewakan, hampir 60% siswa mendapat nilai hasil evaluasinya di bawah rata- rata.
Apa kelemahan pembelajaran yang dilakukan pak sunarto, kecuali.....
A. Pemakaina metode pembelajaran terkesan masih bersifat Konvesional (ceramah dan penugasan
B. Alat peraga kurang lengkap sehingga membingngungkan siswa
C. Penyampaian materi kurang jelas
D. Guru sudah memberikan tujuan pembelajaran
80) Membedakan pengertian IPS dan Ilmu sosial.
Apa perbedaan antara Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) dengan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dilihat dari tujuannya (purposes) ?
A. Ilmu-Ilmu sosial memutuskan kebenaran Ilmiah sebagai focus tujuanya, sedangkan pada Ilmu Pengetahuan Sosial mengarah pada penanaman BASK (Behavior, attitude, Skill, dan Knowledge).
B. Ilmu Pengetahuan Sosial memutuskan kebenaran Ilmiah sebagai focus tujuanya, sedangkan pada Ilmu-Ilmu sosial mengarah pada penanaman BASK (Behavior, attitude, Skill, dan Knowledge).
C. Ilmu-Ilmu Sosial yaitu bersifat disipliner sesuai dengan kehidupan yang menjadi obyek studi berdasrkan bidang Ilmu masing-masing, sedangkan pada pendekatan Ilmu Pengetahuan Sosial bersifat intensdisipliner
D. Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) diberikan di tingkat akademi tinggi/universitas, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) diberikan di tingkat sekolah.
81) Mengurutkan ruang lingkup pembelajaran IPS SD Ruang lingkup pembelajaran IPS SD yaitu. . .
A. Masyarakat, Norma, Budaya, Waktu
B. Manusia, Waktu, SistemSosialdanBudaya, PerilakuEkonomidanKesejahteraan
C. Manusia, Kerja, Nilai dan Norma, Peningkatan Kesejahteraan
D. Masyarakat, Kerja, Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan, Waktu
82) Mengklasifikasikan tujuan IPS dalam pembelajaran di SD Apa tujuan IPS dalam pembelajaran di SD?
A. Menolong siswa untuk mengembangkan bakatnya
B. Membantu siswa dalam menentukan impian yang ingin diraihnya di masa mendatang
C. Menyediakan kesempatan kepada siswa untuk berekspresi lingkungan masyarakat
D. Memberikan kepada Siswa pengetahuan wacana pengalaman insan dalam kehidupan bermasyarakat pada masalalu, kini dan masa akan datang
83) Menganalisis nilai kegunaan mempelajari sejarah bagi siswa
Bagi siswa mempelajari sejarah mempunyai beberapa manfaat. Berikut yang bukan merupakan manfaat mempelajari sejarah bagi siswa yaitu. . .
A. Membangun kesadaran akseptor didik wacana pentingnya waktu dan tempat yang merupakan proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan
B. Menumbuhkan pemahaman akseptor didik terhadap landasan sikap yang akan ditempuhnya
C. Melatih daya kritis akseptor didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah dan metodologi keilmuan
D. Menumbuhkan apresisasi dan penghargaan akseptor didik terhadap peninggalan sejarah sebagai bukti peradaban bangsa Indonesia di masa lampau
84) Mengurutkan perkembangaran sejarah di Indonesia
Bagaimana keadaan Indonesia sesudah adanya perjanjian KMB?
A. Indonesia terbagi menjadi 8 provinsi
B. Ibukota negara Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta
C. Indonesia menjadi negara serikat (RIS)
D. Irian Barat berintegrasi dengan Indonesia
85) Menjelaskan kekerabatan pembelajaran sejarah dengan antropologi. (diberikan soal kasus) Antropologi sebagai salah satu dari ilmu sosial mempunyai kaitan dan santunan kepada ilmu sejarah begitu juga sebaliknya. Dalam penulisan sejarah, sejarawan tidak jarang memakai teori dan konsep antropologi. Berikut konsep antropologi yang sering dipakai sejarawan, kecuali. . .
A. enkulturasi
B. primitif
C. folklore
D. prasasti
86) Menemukan makna Bhineka Tunggal Ikka dalam kehidupan sehari-hari Eko yaitu siswa kelas V SD Bumi Pertiwi. Pada suatu hari Pak Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Eko mendapat kelompok dengan Togar, Lusi, Intan dan Rully. Bagaiman sebaiknya sikap Eko?
A. Eko bersedia satu kelompok dengan Togar sebab Togar orang Batak sedangkan di orang Jawa
B. Eko tidak bersedia satu kelompok dengan Rully sebab Rully bukan sahabat dekatnya
C. Eko bersedia berkelompok dengan mereka sebab mereka semua pandai
D. Eko bersedia berkelompok dengan siapun sebab semua yaitu teman
87) Menggali pengalaman butir-butir Pancasila Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan, merupakan pengalaman Pancasila sila ke- . . .
A. Satu
B. Dua
C. Tiga
D. Lima
88) Mengemukakan suku bangsa yang ada di Indonesia.(diberikan masalah salah satu suku bangsa di Indonesia) Bangsa Indonesia mempunyai ratusan suku bangsa beserta adat dan budayanya. Masing-masing suku mempunyai keunikan tersendiri yang merupakan kekayaan budaya nasional.
Berikutciri-cirisalahsatusuku yang ada di pulauJawa :
- Tidakdiperkenankanmenggunakankendaraanuntuksaranatransportasi
- Tidakdiperkenankanmenggunakan bantalan kaki
- Laranganmenggunakanalatelektronik
- Pinturumahharusmenghadaputara/selatan
Sukutersebutadalah. . .
A. Suku Asmat
B. Suku Bugis
C. Buku Badui
D. Suku Dayak
89) Membuktikan potensi sumber daya alam di Indonesia. (diberikan soal kasus) Negara Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah, salah satunya yaitu timah. Daerah yang menghasilkan lebih dari 20% produksi timah putih dunia yaitu . . .
A. Pulau Bangka, Belitung, dan Singkep
B. Kepulauan Natuna
C. Pulau Bali, Lombok, Nusa Penida
D. Pulau Kalimantan
90) Merencanakan penggunaan ICT dalam pembelajaran IPS SD Pada pemebelajaran IPS kelas V dengan materi Perjuangan Bangas Indonesia Melawan Penjajah, Pak Ridwan ingin menyajikan pemebelajaran yang menyenangkan dan gampang diingat serta dimengerti oleh anak didiknya. Media apa yang harus dipakai pak
Ridwan?
A. Video
B. Slide
C. Corel draw
D. Radio
91) Mempelajari sejarah setiap masyarakat menjadi lebih baik. Pernyataan tersebut yaitu manfaat mempelajari sejarah dalam hal ...
A. Sejarah sanggup memperlihatkan kesenangan dan kegembiraan
B. Sejarah sanggup dipakai sebagai pedoman bagi suatu bangsa
C. Sejarah sanggup dijadikan sebagai profesi
D. Sejarah sanggup mengetahui kejadian masa lampau
92) Apakah persamaan kekerabatan antara sejarah dengan antropologi..
A. Menempatkan insan sebagai subyek dan obyek dalam kajiannya
B. Keduanya memperlihatkan proses yang meliputi keterlibatan para pelaku
C. Terlibat dalam faktor-faktor eksternal yang bersifat sosiologis
D. Berorientasi terhadap pandangan hidup para pelakunya
93) Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa, ras, agama, dan kepercayaan. Yang semuanya diikat dalam satu pedoman Bhinneka Tunggal Ika dengan lambang negara Garuda Pancasila. Kedua hal tersebut diatur dalam Undang-Undang Negara nomor..
A. UU no 15 tahun 2006
B. UU no 17 tahun 2006
C. UU no 24 tahun 2009
D. UU no 38 tahun 2009
94) Kekayaan sumber daya alam Indonesia telah dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan bangsa Indonesia. Sebagian lainnya masih berupa potensi yang belum dimanfaatkan sebab banyak sekali keterbatasan.
Sesuai perkembangan jaman langkah yang tepat bagi kita untuk mengolah potensi sumber daya yang ada yaitu...
A. Mengolah sumber daya yang ada dengan mendatangkan tenaga kerja asing
B. Mengekspor sumber daya yang masih berupa materi mentah
C. Mengirim tenaga kerja Indonesia ke luar negeri untuk mendapat pembelajaran dan pelatihan
D. Mengelola sumber daya yang ada dengan teknologi canggih
95) Lingkungan di sekitar kita terbagi atas 2 macam yaitu lingkungan alam dan lingkungan buatan. Dimana keduanya mempunyai manfaat dan tujuan yang sama yaitu...
A. Untuk memenuhi kebutuhan manusia
B. Melestarikan lingkungan masyarakat
C. Sebagai sumber pengetahuan dan teknologi
D. Sebagai sumber kekayaan alam
96) Dibawah ini yang bukan termasuk tanda-tanda alam biotik yaitu...
A. Metamorfosis
B. Fotosintesis
C. Penyerbukan
D. Erosi
97) Metamorfosis yaitu suatu proses perkembangan biologi pada binatang yang melibatkan perubahan penampilan fisik sesudah kelahiran atau penetasan. Dibawah ini yaitu pola serangga yang tidak mengalami metamorfosis yaitu...
A. Belalang
B. Nyamuk
C. Lalat
D. Semut
98) Katak mengalami metamorfosis sempurna. Dalam perkembangannya pada fase berudu, bernapas menggunakan...
A. Trakhea
B. Paru-paru
C. Insang
D. Kulit
99) Untuk menjaga kelestarian lingkungan salah satunya yaitu dengan melaksanakan reboisasi atau penghijauan dengan tujuan...
A. Memperindah susunan kota
B. Menjaga tanah dan mencegah erosi
C. Memperoleh kayu yang berlimpah
D. Meningkatkan pendapatan
100) Limbah atau sampah terpisah menjadi sampah berair dan sampah kering. Hal yang paling tepat untuk mengatasi limbah sampah kering adalah...
A. Dibakar habis
B. Di daur ulang
C. Dikubur didalam tanah
D. Dibiarkan ditempat terbuka
Dari barisan geometri diketahui bahwa U3 = 4 dan U9 = 256, maka tentukan U12!
A. 2048 C. 2047
B. 2049 D. 2046
72) Menerapkan pengetahuankonseptual, prosedural, danketerkaitankeduanya dalam konteksmateri pengukuran Sebuah kolam mandi diisi air mulai pukul 07.20 hingga dengan pukul 07.50 dengan debit air 10 liter/menit. Berapa liter volume air dalam kolam mandi tersebut?
A. 3000 liter
B. 300 liter
C. 30 liter
D. 30000 liter
73) Menggunakan pengetahuankonseptual, prosedural, danketerkaitankeduanya dalam konteksmateri Statistika Nilai rata-rata ulangan matematika dari 7 siswa yaitu 6,50. Ketika nilai satu orang siswa ditambahkan, maka rata-ratanya menjadi 6,70. Nilai siswa yang ditambahkan yaitu ....
A. 9,10
B. b. 8,10
C. 7,10
D. 6,10
74) Menggunakan pengetahuankonseptual, prosedural, danketerkaitankeduanya dalam konteks materi Logika/Penalaran Matematika Dari pernyataanberikutini, manakah yang merupakaningkaran dari pernyataan Jakarta Ibukota RI.
A. Jakarta bukanibukota RI
B. Jakarta adalahibukota RI
C. Benarbahwa Jakarta Ibukota Jakarta
D. Benarbahwa Jakarta bukanIbukotadari RI
75) Menentukan alat peragadalam pembelajarannbilangan Bu Ani ingin mengajarkan kepada bawah umur kelas 1 wacana nilai tempat suatu bilangan (satuan, puluhan, ratusan, dan ribuan), Media yang tepat dipakai Bu Ani dalam Pembelajaran tersebut adalah...
A. Kartu bilangan
B. Blok dienes
C. Loncat katak
D. Papan berpaku
76) Mengklasifikasikan alatperaga dalam pembelajaranGeometri dan pengukuran Pak Arief ingin mengajarkan cara mengukur luas halaman sekolah dengan satuan meter.Alat peraga yang sebaiknya dipakai supaya pembelajaran menarik adalah...
A. Pita garis bilangan, mistar, tangga garis
B. Blok dienes, mistar, pita garis bilangan
C. Mistar, uang logam, blok dienes
D. Tangga garis, blok dienes, tangga garis
77) Menentukan alat ukur dalam pembelajaranbgeometri dan pengukuran Ketidakpastian yang ada pada pengukuran tunggal ditetapkan sama dengan setengah skala terkecil dari alat ukur yang digunakan.Jika kita memakai mistar atau penggaris, maka ketidakpastiannya yaitu sama dengan....
A. 0,05 cm C. 0,1 cm
B. 0,01 cm D. 1 cm
78) Memecahkan PembelajaranIPS SD (diberikan masalah dalam pembelajaran, akseptor sanggup menyimpulkan pembelajaran dalam masalah tersebut Bu,fitri yaitu guru SD Negeri 2 Sukamakmur ,mengajar di kelas Beliau memperlihatkan pelajaran IPS,dengan materi “ Menceritakan Pengalaman Diri. Sebelum memulai pelajaran, anak-anakberbaris di depan kelas,kemudian diperiksa kebersihannya, terutama kuku tangan dan telinga. Sambil diperiksa anak masuk kedalam kelas satu persatu. Anak- anak diajak berdoa dan kemudian mengucapkan salam.
Sebelum memperlihatkan materi, memberi motivasi kepada anak, saya bertanya “siapa tadi yangtidak mandi” anak – anak terdiam. Mari kita nyanyikan lagu bangkit tidur ku terus mandi,tidak lupa menggosok gigi, habis mandi kutolong ibu, membersihkan tempat tidurku. Kesimpulan dari pembelajaran IPS yang dilakukan bu Fitri yaitu ....
A. Guru kurang memotivasi anak dalam pembelajaran
B. Guru mengajak siswa bernyanyi untuk memotivasi anak
C. Anak-anak hanya membisu saja dikala diberi pertanyaan dalam pembelajaran sebab guru kurang memotivasi anak
D. Guru memperlihatkan motivasi kepada siswa dalam pembelajaran
79) Menegaskan Fokus utamakajian pembelajaran IPS diSD (diberikan masalah pola Hari selasa, dikala pelajaran IPS pak Sunarto akan memperlihatkan materi pada bawah umur wacana silsilah keluarga. Waktu pelajaran yaitu 2 x 35 menit. Setelah mengutarakan tujuan yang akan dibahas hari ini, pak Sunarto mengajukan pertanyaan pada para siswa untuk mengawali pelajaran.
“ Anak- anak tentunya kalian mempunyai keluaga di rumahkan,,?”
“ iya pak, punya.” Jawab semua siswa srentak.
“ Coba kalian sebutkan siapa saja yang dirumah kalian yang masuk dalam anggota keluarga !”
“ Ada ayah, ibu, adik, kakak, kakek, nenek” Jawab para siswa bersahut-sahutan.
Kemudian pak Sunarto menempelkan sketsa dan foto silsilah keluarga. Anak-anak mengamati sambil menyimak penjelasam dari pak sunarto. Sesekali pak sunarto melemparkan pertanyaan kepada siswa dan pertanyaan dijawab dengan benar. Pak Sunarto mengakhiri klarifikasi dengan memperlihatkan pertanyaan pada siswa “ apakah kalian sudah mengerti semua wacana silsilah keluarga yang sudah bapak jelaskan,,?”
Tanya pak Sunarto.
“ Sudah pak”, jawab anak- anak serentak.
“ kalau masih ada yang kurang terperinci atau bingung, anak- anak boleh bertanya ”
“ tiadak ada pak”, jawab anak- anak lagi secara serentak.
Pak sunarto memperlihatkan kiprah kepada siswa semoga dikerjakan sendiri- sendiri. Pak sunarto yakin, niscaya nialai anak- anak memuaskan sebab bawah umur berhasil menjawab pertanyaan yang tadi di lemparkan. Tugas yang diberikan juga sama dengan kiprah yang di jelaskan pak sunarto, hanya saja diganti nama-nama pada sketsa silsilah keluarrga.
Setelah semuanya selesai, pekerjaaan di kumpulkan dan sesudah di koreksi ternyata hasilnya mengecewakan, hampir 60% siswa mendapat nilai hasil evaluasinya di bawah rata- rata.
Apa kelemahan pembelajaran yang dilakukan pak sunarto, kecuali.....
A. Pemakaina metode pembelajaran terkesan masih bersifat Konvesional (ceramah dan penugasan
B. Alat peraga kurang lengkap sehingga membingngungkan siswa
C. Penyampaian materi kurang jelas
D. Guru sudah memberikan tujuan pembelajaran
80) Membedakan pengertian IPS dan Ilmu sosial.
Apa perbedaan antara Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) dengan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dilihat dari tujuannya (purposes) ?
A. Ilmu-Ilmu sosial memutuskan kebenaran Ilmiah sebagai focus tujuanya, sedangkan pada Ilmu Pengetahuan Sosial mengarah pada penanaman BASK (Behavior, attitude, Skill, dan Knowledge).
B. Ilmu Pengetahuan Sosial memutuskan kebenaran Ilmiah sebagai focus tujuanya, sedangkan pada Ilmu-Ilmu sosial mengarah pada penanaman BASK (Behavior, attitude, Skill, dan Knowledge).
C. Ilmu-Ilmu Sosial yaitu bersifat disipliner sesuai dengan kehidupan yang menjadi obyek studi berdasrkan bidang Ilmu masing-masing, sedangkan pada pendekatan Ilmu Pengetahuan Sosial bersifat intensdisipliner
D. Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) diberikan di tingkat akademi tinggi/universitas, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) diberikan di tingkat sekolah.
81) Mengurutkan ruang lingkup pembelajaran IPS SD Ruang lingkup pembelajaran IPS SD yaitu. . .
A. Masyarakat, Norma, Budaya, Waktu
B. Manusia, Waktu, SistemSosialdanBudaya, PerilakuEkonomidanKesejahteraan
C. Manusia, Kerja, Nilai dan Norma, Peningkatan Kesejahteraan
D. Masyarakat, Kerja, Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan, Waktu
82) Mengklasifikasikan tujuan IPS dalam pembelajaran di SD Apa tujuan IPS dalam pembelajaran di SD?
A. Menolong siswa untuk mengembangkan bakatnya
B. Membantu siswa dalam menentukan impian yang ingin diraihnya di masa mendatang
C. Menyediakan kesempatan kepada siswa untuk berekspresi lingkungan masyarakat
D. Memberikan kepada Siswa pengetahuan wacana pengalaman insan dalam kehidupan bermasyarakat pada masalalu, kini dan masa akan datang
83) Menganalisis nilai kegunaan mempelajari sejarah bagi siswa
Bagi siswa mempelajari sejarah mempunyai beberapa manfaat. Berikut yang bukan merupakan manfaat mempelajari sejarah bagi siswa yaitu. . .
A. Membangun kesadaran akseptor didik wacana pentingnya waktu dan tempat yang merupakan proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan
B. Menumbuhkan pemahaman akseptor didik terhadap landasan sikap yang akan ditempuhnya
C. Melatih daya kritis akseptor didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah dan metodologi keilmuan
D. Menumbuhkan apresisasi dan penghargaan akseptor didik terhadap peninggalan sejarah sebagai bukti peradaban bangsa Indonesia di masa lampau
84) Mengurutkan perkembangaran sejarah di Indonesia
Bagaimana keadaan Indonesia sesudah adanya perjanjian KMB?
A. Indonesia terbagi menjadi 8 provinsi
B. Ibukota negara Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta
C. Indonesia menjadi negara serikat (RIS)
D. Irian Barat berintegrasi dengan Indonesia
85) Menjelaskan kekerabatan pembelajaran sejarah dengan antropologi. (diberikan soal kasus) Antropologi sebagai salah satu dari ilmu sosial mempunyai kaitan dan santunan kepada ilmu sejarah begitu juga sebaliknya. Dalam penulisan sejarah, sejarawan tidak jarang memakai teori dan konsep antropologi. Berikut konsep antropologi yang sering dipakai sejarawan, kecuali. . .
A. enkulturasi
B. primitif
C. folklore
D. prasasti
86) Menemukan makna Bhineka Tunggal Ikka dalam kehidupan sehari-hari Eko yaitu siswa kelas V SD Bumi Pertiwi. Pada suatu hari Pak Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Eko mendapat kelompok dengan Togar, Lusi, Intan dan Rully. Bagaiman sebaiknya sikap Eko?
A. Eko bersedia satu kelompok dengan Togar sebab Togar orang Batak sedangkan di orang Jawa
B. Eko tidak bersedia satu kelompok dengan Rully sebab Rully bukan sahabat dekatnya
C. Eko bersedia berkelompok dengan mereka sebab mereka semua pandai
D. Eko bersedia berkelompok dengan siapun sebab semua yaitu teman
87) Menggali pengalaman butir-butir Pancasila Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan, merupakan pengalaman Pancasila sila ke- . . .
A. Satu
B. Dua
C. Tiga
D. Lima
88) Mengemukakan suku bangsa yang ada di Indonesia.(diberikan masalah salah satu suku bangsa di Indonesia) Bangsa Indonesia mempunyai ratusan suku bangsa beserta adat dan budayanya. Masing-masing suku mempunyai keunikan tersendiri yang merupakan kekayaan budaya nasional.
Berikutciri-cirisalahsatusuku yang ada di pulauJawa :
- Tidakdiperkenankanmenggunakankendaraanuntuksaranatransportasi
- Tidakdiperkenankanmenggunakan bantalan kaki
- Laranganmenggunakanalatelektronik
- Pinturumahharusmenghadaputara/selatan
Sukutersebutadalah. . .
A. Suku Asmat
B. Suku Bugis
C. Buku Badui
D. Suku Dayak
89) Membuktikan potensi sumber daya alam di Indonesia. (diberikan soal kasus) Negara Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah, salah satunya yaitu timah. Daerah yang menghasilkan lebih dari 20% produksi timah putih dunia yaitu . . .
A. Pulau Bangka, Belitung, dan Singkep
B. Kepulauan Natuna
C. Pulau Bali, Lombok, Nusa Penida
D. Pulau Kalimantan
90) Merencanakan penggunaan ICT dalam pembelajaran IPS SD Pada pemebelajaran IPS kelas V dengan materi Perjuangan Bangas Indonesia Melawan Penjajah, Pak Ridwan ingin menyajikan pemebelajaran yang menyenangkan dan gampang diingat serta dimengerti oleh anak didiknya. Media apa yang harus dipakai pak
Ridwan?
A. Video
B. Slide
C. Corel draw
D. Radio
91) Mempelajari sejarah setiap masyarakat menjadi lebih baik. Pernyataan tersebut yaitu manfaat mempelajari sejarah dalam hal ...
A. Sejarah sanggup memperlihatkan kesenangan dan kegembiraan
B. Sejarah sanggup dipakai sebagai pedoman bagi suatu bangsa
C. Sejarah sanggup dijadikan sebagai profesi
D. Sejarah sanggup mengetahui kejadian masa lampau
92) Apakah persamaan kekerabatan antara sejarah dengan antropologi..
A. Menempatkan insan sebagai subyek dan obyek dalam kajiannya
B. Keduanya memperlihatkan proses yang meliputi keterlibatan para pelaku
C. Terlibat dalam faktor-faktor eksternal yang bersifat sosiologis
D. Berorientasi terhadap pandangan hidup para pelakunya
93) Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa, ras, agama, dan kepercayaan. Yang semuanya diikat dalam satu pedoman Bhinneka Tunggal Ika dengan lambang negara Garuda Pancasila. Kedua hal tersebut diatur dalam Undang-Undang Negara nomor..
A. UU no 15 tahun 2006
B. UU no 17 tahun 2006
C. UU no 24 tahun 2009
D. UU no 38 tahun 2009
94) Kekayaan sumber daya alam Indonesia telah dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan bangsa Indonesia. Sebagian lainnya masih berupa potensi yang belum dimanfaatkan sebab banyak sekali keterbatasan.
Sesuai perkembangan jaman langkah yang tepat bagi kita untuk mengolah potensi sumber daya yang ada yaitu...
A. Mengolah sumber daya yang ada dengan mendatangkan tenaga kerja asing
B. Mengekspor sumber daya yang masih berupa materi mentah
C. Mengirim tenaga kerja Indonesia ke luar negeri untuk mendapat pembelajaran dan pelatihan
D. Mengelola sumber daya yang ada dengan teknologi canggih
95) Lingkungan di sekitar kita terbagi atas 2 macam yaitu lingkungan alam dan lingkungan buatan. Dimana keduanya mempunyai manfaat dan tujuan yang sama yaitu...
A. Untuk memenuhi kebutuhan manusia
B. Melestarikan lingkungan masyarakat
C. Sebagai sumber pengetahuan dan teknologi
D. Sebagai sumber kekayaan alam
96) Dibawah ini yang bukan termasuk tanda-tanda alam biotik yaitu...
A. Metamorfosis
B. Fotosintesis
C. Penyerbukan
D. Erosi
97) Metamorfosis yaitu suatu proses perkembangan biologi pada binatang yang melibatkan perubahan penampilan fisik sesudah kelahiran atau penetasan. Dibawah ini yaitu pola serangga yang tidak mengalami metamorfosis yaitu...
A. Belalang
B. Nyamuk
C. Lalat
D. Semut
98) Katak mengalami metamorfosis sempurna. Dalam perkembangannya pada fase berudu, bernapas menggunakan...
A. Trakhea
B. Paru-paru
C. Insang
D. Kulit
99) Untuk menjaga kelestarian lingkungan salah satunya yaitu dengan melaksanakan reboisasi atau penghijauan dengan tujuan...
A. Memperindah susunan kota
B. Menjaga tanah dan mencegah erosi
C. Memperoleh kayu yang berlimpah
D. Meningkatkan pendapatan
100) Limbah atau sampah terpisah menjadi sampah berair dan sampah kering. Hal yang paling tepat untuk mengatasi limbah sampah kering adalah...
A. Dibakar habis
B. Di daur ulang
C. Dikubur didalam tanah
D. Dibiarkan ditempat terbuka
KUNCI JAWABAN
Kunci Jawaban Soal Latihan SKB Guru Kelas SD |
Selengkapnya, silahkan download melalui laman link berikut ini.
Demikianlah yang sanggup kami informasikan terkait dengan soal latihan untuk calon pelamar ASN baik untuk CPNS maupun untuk Calon PPPK atau P3K.Semoga lulus dan sukses sehingga menjadi ASN (PNS / PPPK, P3K). Amiin.