Unduh Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Sd Kelas 1 Semester 2 Revisi 2018 Lengkap
Setiap Semester pihak sekolah akan melaporkan hasil mencar ilmu penerima didiknya kepada seluruh orang tua/wali muridnya, yang sering disebut dengan istilah Laporan Hasil Pembelajaran Peserta Didik.
Dalam pengisian laporan hasil mencar ilmu siswa seorang guru harus mengacu kepada hukum yang sesuai dengan petunjuk.
Adapun petunjuk dalam isi raport tersebut secara umum diantaranya yaitu :
PETUNJUK
- Buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik, merupakan ringkasan hasil evaluasi terhadap seluruh acara pembelajaran yang dilakukan penerima didik dalam kurun waktu tertentu. Laporan perkembangan dan hasil Pencapaian Kompetensi penerima didik secara rinci, disajikan dalam portofolio yang merupakan bab tidak terpisahkan dari Buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik ini.
- Buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik dipergunakan selama penerima didik yang bersangkutan mengikuti pelajaran di Sekolah Dasar;
- Apabila pindah sekolah, buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik ini dibawa oleh yang bersangkutan untuk dipergunakan di sekolah gres dengan meninggalkan arsip/copy di sekolah lama;
- Apabila buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik ini hilang, sanggup diganti dengan Buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik pengganti yang disahkan oleh Kepala Sekolah asal;
- Buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik ini harus dilengkapi dengan pas foto (3 cm x 4 cm) dan pengisiannya dilakukan oleh Guru Kelas;
- Laporan evaluasi memuat hasil Pencapaian Kompetensi yang disajikan secara deskriptif untuk masing-masing kompetensi inti.
- Laporan perkembangan fisik diisi dengan data kondisi penerima didik menurut hasil pengukuran yang dilakukan guru berafiliasi dengan pihak lain yang relevan.
- Laporan kondisi kesehatan diisi dengan deskripsi hasil investigasi yang dilakukan guru, berafiliasi dengan tenaga kesehatan atau puskesmas terdekat.
- Kolom absensi diisi dengan data akumulasi absensi siswa, baik alasannya ialah sakit, izin, maupun tanpa keterangan dalam satu semester.
IDENTITAS PESERTA DIDIK
1. Nama Peserta Didik | : | ……………………………………………………………… |
2. Nomor Induk | : | ……………………………………………………………… |
3. Tempat,Tanggal Lahir | : | ……………………………………………………………… |
4. Jenis Kelamin | : | ……………………………………………………………… |
5. Agama | : | ……………………………………………………………… |
6. Pendidikan sebelumnya | : | ……………………………………………………………… |
7. Alamat Peserta Didik | : | ……………………………………………………………… |
8. Nama Orang Tua | : | ……………………………………………………………… |
a. Ayah | : | ……………………………………………………………… |
b. Ibu | : | ……………………………………………………………… |
9. Pekerjaan Orang Tua | : | ……………………………………………………………… |
a. Ayah | : | ……………………………………………………………… |
b. Ibu | : | ……………………………………………………………… |
10. Alamat Orang Tua | : | ……………………………………………………………… |
Jalan | : | ……………………………………………………………… |
Kelurahan/Desa | : | ……………………………………………………………… |
Kecamatan | : | ……………………………………………………………… |
Kabupaten/Kota | : | ……………………………………………………………… |
Provinsi | : | ……………………………………………………………… |
11. Wali Peserta Didik | : | ……………………………………………………………… |
a. Nama | : | ……………………………………………………………… |
b. Pekerjaan | : | ……………………………………………………………… |
c. Alamat | : | ……………………………………………………………… |
Pas poto .................., 15 Juni 2019
3 x 4 cm Kepala Sekolah,
..........................
NIP.
Petunjuk Pengisian Buku Raport Kurikulum 2013
Mengacu kepada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian berbunyi bahwa Hasil evaluasi oleh pendidik dan satuan pendidikan dilaporkan dalam bentuk nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi kepada orangtua dan Pemerintah.
Pada Standar Penilaian Pendidikan disebutkan bahwa Laporan hasil evaluasi oleh pendidik berbentuk: (1) nilai dan/atau deskripsi pencapaian kompetensi, untuk hasil evaluasi kompetensi pengetahuan dan keterampilan termasuk evaluasi hasil pembelajaran tematik-terpadu (2) deskripsi sikap, untuk hasil evaluasi kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial (3) Penilaian oleh masing-masing pendidik tersebut secara keseluruhan selanjutnya dilaporkan kepada orang tua/wali penerima didik dalam bentuk Laporan Hasil Belajar Peserta Didik.
Pengembangan Laporan Hasil Belajar Peserta Didik intinya merupakan wewenang sekolah. Untuk membantu sekolah membuatkan Laporan Hasil Belajar Peserta Didik, Direktorat Pembinaan SD menyusun Buku Raport untuk SD beserta Panduan Pengisian Laporan Hasil Belajar Peserta Didik.
Buku Petunjuk Teknis Pengisian Laporan Hasil Belajar Peserta Didik pada jenjang SD diperlukan sanggup membantu sekolah dalam mengisi format Laporan Hasil Belajar Peserta Didik sesuai dengan Kurikulum 2013.
Penilaian oleh pendidik intinya digunakan untuk menilai pencapaian hasil mencar ilmu penerima didik sebagai dasar untuk memperbaiki proses pembelajaran, dan materi penyusunan laporan kemajuan hasil mencar ilmu penerima didik.
Proses pembelajaran dan evaluasi difokuskan pada tiga ranah yaitu: sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pada kurikulum 2013 tiga ranah tersebut dijabarkan menjadi empat kompetensi inti yaitu kompetensi inti 1 (satu) sikap spiritual, kompetensi inti 2 (dua) sikap sosial, kompetensi inti 3 (tiga) pengetahuan, dan kompetensi inti 4 (empat) keterampilan.
Pada Standar Penilaian Pendidikan disebutkan bahwa Laporan hasil evaluasi oleh pendidik berbentuk: (1) nilai dan/atau deskripsi pencapaian kompetensi, untuk hasil evaluasi kompetensi pengetahuan dan keterampilan termasuk evaluasi hasil pembelajaran tematik-terpadu (2) deskripsi sikap, untuk hasil evaluasi kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial (3) Penilaian oleh masing-masing pendidik tersebut secara keseluruhan selanjutnya dilaporkan kepada orang tua/wali penerima didik dalam bentuk Laporan Hasil Belajar Peserta Didik.
Pengembangan Laporan Hasil Belajar Peserta Didik intinya merupakan wewenang sekolah. Untuk membantu sekolah membuatkan Laporan Hasil Belajar Peserta Didik, Direktorat Pembinaan SD menyusun Buku Raport untuk SD beserta Panduan Pengisian Laporan Hasil Belajar Peserta Didik.
Buku Petunjuk Teknis Pengisian Laporan Hasil Belajar Peserta Didik pada jenjang SD diperlukan sanggup membantu sekolah dalam mengisi format Laporan Hasil Belajar Peserta Didik sesuai dengan Kurikulum 2013.
Penilaian oleh pendidik intinya digunakan untuk menilai pencapaian hasil mencar ilmu penerima didik sebagai dasar untuk memperbaiki proses pembelajaran, dan materi penyusunan laporan kemajuan hasil mencar ilmu penerima didik.
Proses pembelajaran dan evaluasi difokuskan pada tiga ranah yaitu: sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pada kurikulum 2013 tiga ranah tersebut dijabarkan menjadi empat kompetensi inti yaitu kompetensi inti 1 (satu) sikap spiritual, kompetensi inti 2 (dua) sikap sosial, kompetensi inti 3 (tiga) pengetahuan, dan kompetensi inti 4 (empat) keterampilan.
Penilaian Sikap Spiritual KI-1
Penilaian Sikap Sosial KI-2
Penilaian Pengetahuan KI-3
Penilaian Keterampilan KI-4
Penilaian Sikap
Pada kolom deskripsi diisi oleh guru dalam kalimat nyata tentang:
- Apa yang menonjol terkait dengan kemampuan pada aspek sikap anak dalam tiap muatan pelajaran yang ada pada komptensi inti 1 dan 2 (KI-1 dan KI-2).
- Usaha pengembangan kemampuan pada aspek sikap anak dalam tiap muatan pelajaran untuk mencapai kompetensi inti 1 dan 2 (KI-1 dan KI-2) pada kelas yang diikutinya.
Pada aspek sikap, deskripsi menggambarkan prestasi siswa pada muatan mata pelajaran pada kelas dan semester tertentu dari aspek sikap.
Berikutnya dari deskripsi yang dituangkan guru juga menggambarkan kompetensi-kompetensi yang masih perlu ditingkatkan dan perlu menerima perhatian guru dan orang tua, semoga seorang siswa sanggup mencapai kompetensi secara optimal.
Deskripsi tersebut merupakan ringkasan dan intisari dari evaluasi yang sudah dilakukan oleh guru dengan banyak sekali alat evaluasi termasuk evaluasi autentik sehabis siswa mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran proyek (project based learning), inovasi (discovery learning), dan pemecahan problem (problem based learning). Disamping itu juga memanfaatkan portofolio dan hasil observasi dan wawancara.
Berikutnya dari deskripsi yang dituangkan guru juga menggambarkan kompetensi-kompetensi yang masih perlu ditingkatkan dan perlu menerima perhatian guru dan orang tua, semoga seorang siswa sanggup mencapai kompetensi secara optimal.
Deskripsi tersebut merupakan ringkasan dan intisari dari evaluasi yang sudah dilakukan oleh guru dengan banyak sekali alat evaluasi termasuk evaluasi autentik sehabis siswa mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran proyek (project based learning), inovasi (discovery learning), dan pemecahan problem (problem based learning). Disamping itu juga memanfaatkan portofolio dan hasil observasi dan wawancara.
Contoh pengisian aspek Sikap
Aspek | Deskripsi |
Menerima, menjalankan pedoman agama yang dianutnya | · diisi oleh guru dalam kalimat nyata perihal apa yang menonjol terkait dengan kempuan anak dalam tiap muatan mata pelajaran, dan usaha-usaha apa yang perlu dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan pada kelas yang diikutinya |
Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dalam berinteraksi dengan keluarga dan guru | · diisi oleh guru dalam kalimat nyata perihal apa yang menonjol terkait dengan kempuan anak dalam tiap muatan mata pelajaran, dan usaha-usaha apa yang perlu dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan pada kelas yang diikutinya |
Penilaian Pengetahuan
Pada kolom deskripsi diisi oleh guru dalam kalimat nyata tentang:
- Apa yang menonjol terkait dengan kemampuan pada aspek pengetahuan anak dalam tiap muatan pelajaran yang ada pada komptensi inti 3 (KI 3).
- Usaha pengembangan kemampuan pada aspek pengetahuan anak dalam tiap muatan pelajaran untuk mencapai kompetensi inti 3 (KI 3) pada kelas yang diikutinya.
Pada aspek pengetahuan, deskripsi menggambarkan prestasi siswa pada muatan mata pelajaran pada kelas dan semester tertentu dari aspek pengetahuan.
Berikutnya dari deskripsi yang dituangkan guru juga menggambarkan kompetensi-kompetensi yang masih perlu ditingkatkan dan perlu menerima perhatian guru dan orang tua, semoga seorang siswa sanggup mencapai kompetensi secara optimal.
Deskripsi tersebut merupakan ringkasan dan intisari dari evaluasi yang sudah dilakukan oleh guru dengan banyak sekali alat evaluasi termasuk evaluasi autentik sehabis siswa mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran proyek (project based learning), inovasi (discovery learning), dan pemecahan problem (problem based learning). Disamping itu juga memanfaatkan portofolio dan hasil evaluasi yang dilakukan melalui tes (ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan selesai semester).
Berikutnya dari deskripsi yang dituangkan guru juga menggambarkan kompetensi-kompetensi yang masih perlu ditingkatkan dan perlu menerima perhatian guru dan orang tua, semoga seorang siswa sanggup mencapai kompetensi secara optimal.
Deskripsi tersebut merupakan ringkasan dan intisari dari evaluasi yang sudah dilakukan oleh guru dengan banyak sekali alat evaluasi termasuk evaluasi autentik sehabis siswa mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran proyek (project based learning), inovasi (discovery learning), dan pemecahan problem (problem based learning). Disamping itu juga memanfaatkan portofolio dan hasil evaluasi yang dilakukan melalui tes (ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan selesai semester).
Penilaian Keterampilan
Pada kolom deskripsi diisi oleh guru dalam kalimat nyata tentang:
- Apa yang menonjol terkait dengan kemampuan pada aspek pengetahuan anak dalam tiap muatan pelajaran yang ada pada komptensi inti 3 (KI 3).
- Usaha pengembangan kemampuan pada aspek pengetahuan anak dalam tiap muatan pelajaran untuk mencapai kompetensi inti 3 (KI 3) pada kelas yang diikutinya.
Pada aspek pengetahuan, deskripsi menggambarkan prestasi siswa pada muatan mata pelajaran pada kelas dan semester tertentu dari aspek pengetahuan.
Berikutnya dari deskripsi yang dituangkan guru juga menggambarkan kompetensi-kompetensi yang masih perlu ditingkatkan dan perlu menerima perhatian guru dan orang tua, semoga seorang siswa sanggup mencapai kompetensi secara optimal.
Deskripsi tersebut merupakan ringkasan dan intisari dari evaluasi yang sudah dilakukan oleh guru dengan banyak sekali alat evaluasi termasuk evaluasi autentik sehabis siswa mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran proyek (project based learning), inovasi (discovery learning), dan pemecahan problem (problem based learning). Disamping itu juga memanfaatkan portofolio dan hasil evaluasi yang dilakukan melalui tes (ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan selesai semester).
Contoh pengisian aspek: Pengetahuan Kelas I semester 2 (dua) sanggup dilihat pada aplikasi yang akan admin bagikan ini.
PENILAIAN KOKURIKULER DAN EKSTRA KURIKULER
PERKEMBANGAN FISIK/KESEHATAN
Selengkapnya mari lihat citra untuk aplikasi raport Kurikulum 2013 SD Kelas Semester 2 Lengkap Revisi 2018 yang kami update dengan mulok Bahasa Jawa.
Mari lihat video Tutorial Aplikasi Raport Kurikulum 2013 di bawah ini.
Download Videonya Disini
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
- Aplikasi ini memakai INPUT nilai yang sudah matang yaitu nilai rata-rata dari analisa persubtema dari tiap2 KD
- Isikan DATA pada TABEL yang berwarna PUTIH untuk warna selain PUTIH sebaiknya dihindari untuk di edit (kecuali bagi yang paham FORMULA EXCEL)
- Untuk Mata pelajaran dan KD bisa DIGANTI bila di RAPORT ada baris Mata Pelajaran yang tidak digunakan silakan di DELETE saja
- Bila ada kesulitan bisa hubungi pada sumbernya di sini
Tampilan muka Aplikasi Raport K13 Kelas 1 SD Lengkap hasil revisi tahun 2018
Aplikasi Raport Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Semester 2 Revisi 2018 Lengkap |
Lihat juga :
UNDUH, DOWNLOAD FORMAT LENGKAP SERTIFIKAT HASIL UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN) SEKOLAH DASAR (SD) TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Download Permendikbud No. 33 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi, Tunjangan Khusus, dan Tambahan Penghasilan Guru PNSD
Inilah Kumpulan Buku Petunjuk Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawai (SAPK) BKNDemikianlah yang sanggup kami tulis pada dikala ini. Semoga bermanfaat.