Download Soal Latihan Dan Kunci Balasan Post Test Ukg Modul Kk A Dan Kk B Kelas Atas Guru Kelas Sd
Download Soal Latihan dan Kunci Jawaban Post Test UKG Modul KK A dan KK B Kelas Atas Guru Kelas SD
SOAL POSTEST KK A DAN KUNCI JAWABAN SOAL LATIHAN MODUL A
PILIHLAH JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Berikut yang tidak termasuk ke dalam metode yang sanggup dipakai untuk mengerjakan membaca dan menulis permulaan yakni ...
a. Metode tematik
b. Metode eja
c. Metode suku kata
d. Metode bunyi
2. Berdasarkan sejarah dan legalitasnya, bahasa Indonesia mempunyai dua kedudukan yang sangat penting yaitu sebagai bahasa nasional dan sebagai bahasa resmi/negara. Adapun dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional, bahasa mempunyai empat fungsi, salah satunya yakni ...
a. Bahasa sebagai alat pemersatu aneka macam masyarakat
b. Bahasa resmi dalam perkembangan kebudayaan, pemanfaatan ilmu dan teknologi
c. Bahasa bersifat produktif
d. Bahasa resmi dalam perhubungan tingkat nasional
3. Dalam paradigma profesionalisme kini ini, ada tidaknya nilai informatif dalam jaring komunikasi ternyata berbanding lurus dengan cakap tidaknya kita menulis. Pasalnya, selain harus bisa menerima, kita juga harus bisa memberi. Inilah efek jurnalisme yang kini sudah menyesaki hidup kita. Oleh lantaran itu, kita pun dituntut dalam hal tulis menulis demi penyebaran informasi. Namun, persoalannya apakah kita peduli terhadap laras tulis bahasa kita. Sementara itu, yakinlah, watak dan tutur kata seseorang memperlihatkan asal usulnya atau dalam penegasan lain, bahasa yang kacau mencerminkan kekacauan pola pikir pemakainnya. Buku ini memperkenalkan langkah-langkah pragmatik yang Anda perlukan biar goresan pena Anda bisa tampil wajar, segar, dan lezat dibaca.
Wacana tersebut termasuk ke dalam ragam bahasa ...
a. Ragam bahasa ilmiah
b. Ragam bahasa resmi
c. Ragam bahasa tulis baku
d. Ragam bahasa tak baku
Ilustrasi foto sedang pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) |
a. Kerja kelompok, diskusi, desain, observasi, pembimbingan, implementasi
b. Diskusi, desain, observasi, kerja kelompok, pembimbingan, implementasi
c. Diskusi, kerja kelompok, desain, observasi, pembimbingan, implementasi
d. Kerja kelompok, observasi, diskusi, desain, pembimbingan, implementasi
5. Untuk mengetahui letak kelemahan yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan berguru dilakukan ...
a. Diagnosis analitik
b. Diagnosis umum
c. Diagnosis psikologis
d. Diagnosis patologis
6. Identifikasi kemampuan awal dan karakteristik akseptor didik merupakan salah satu upaya yang dilakukan para guru untuk memperoleh pemahaman perihal ...
a. Desain jadwal pembelajara dan training tertentu yang perlu dikembangkan
b. Memperoleh informasi yang lengkap dan akurat
c. Tuntutan, bakat, minat, kebutuhan dan kepentingan akseptor didik
d. Menyeleksi tuntutan, bakat, minat, kemampuan, serta kecenderungan akseptor didik
7. Klimaks yakni majas yang menyatakan beberapa hal secara berturut-turut dan makin usang makin meningkat, misalnya ...
a. Bukan, bukan itu maksudku. Aku hanya ingin bertukar pikiran
b. Semua pihak mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang bau tanah pun mengikuti lomba
c. Dialah yang kutunggu, dialah yang kunanti, dialah yang kuinginkan, dialah yang kuharap
d. Kepala sekolah, guru, staff dan siswa juga hadir dalam pesta kelulusan itu
8. Beginilah menjelang senja di jantung kota. Sekelompok remaja nongkrong di atas motor model terbaru mereka sambil ngobrol dan tertawa-tawa. Ada juga remaja atau mereka yang beranjak sampaumur duduk berdua-dua di dingklik semen, di tas sadel motor, atau di trotoar. Anak-anak kecil berlarian sambil disuapi orang tuanya. Pengamen yang beristirahat sesudah seharian bekerja dan orang asing yang tidur di sisi pagar. Ragam bahasa wacana tersebut yakni ...
a. Ragam bahasa ilmiah
b. Ragam bahasa resmi
c. Ragam bahasa tulis baku
d. Ragam bahasa tak baku
9. Salovey dan Mayer (dalam Shapiro, 1997:5) menjelaskan bahwa berikut ini yang termasuk dalam kualitas-kualitas emosional yang penting untuk mencapai kesuksesan kecuali ...
a. Empati
b. Mengendalikan amarah
c. Kemandirian
d. Serius
10. Pengelola Ancol memperkirakan sebanyak 500 ribu pengunjung hadir pada hari libur tahun gres 2016. Perkiraan ini dirasa tidak berlebihan mengingat membludaknya pengunjung pada tahun lalu. Sebagai daya tarik pengunjung, penglola menyiapkan aneka macam jadwal hiburan dengan tema “Pesta Rakyat”, diantara pesta kembang api.
Gagasan utama paragraf tersebut yakni ...
a. Membludaknya pengunjung di Ancol
b. Daya tarik pengelola Ancol
c. Perkiraan jumlah pengunjung Ancol
11. Bu Yustira guru di kelas 1 SD sedang berupaya untuk mengakomodasi perbedaan perkembangan akseptor didik asuhannya. Beberapa diantaranya masih belum bisa membaca dan menulis lantaran pinjaman orang bau tanah yang terbatas, sibuk bekerja, serta berasal dari keluarga ekonomi lemah. Kegiatan pertama yang harus dilaksanakan pada ketika merencanakan pembelajaran yakni ...
a. Mengidentifikasi konsep dan cara menyebarkan aspek yang sedang dibahas
b. Mengumpulkan informasi dari orang bau tanah yang terkait dengan prilaku dan kebiasaan akseptor didik
c. Konsultasi dan memberikan planning jadwal kegiatan kepada beberapa pihak mirip kepala sekolah, orang tua, dan guru.
d. Menyampaikan planning dan jadwal kepada kepala sekolah, sejawat, dan orang bau tanah akseptor didik untuk mendapatkan pinjaman
12. Kerusakan lingkungaan merupakan salah satu kasus besar yang dihadapi oleh umat insan di periode modern kini ini. Hampir setiap hari kita selalu disuguhi dengan berita-berita perihal aneka macam macam tragedi alam, mirip banjir, tanah longsor, dan musibah lainnya yang telah memakan banyak korban, baik harta maupun nyawa. Semua tragedi ini sebetulnya yakni akhir pola hidup sebagian besar insan modern yang tidak ramah lingkungan.
Paragraf di atas termasuk jenis wacara ...
a. Argumentasi
b. Persuasi
c. Eksposisi
d. Deskripsi
13. Perbedaan kemampuan potensi akseptor didik bisa mencangkup perbedaan dalam berkomunikasi, bersosialisasi atau perbedaan kemampuan kognitif, dan faktor yang menonjol dalam membentuk kemampuan kognitif yakni faktor ...
a. Pembentukan diri dan lingkungan keluarga sekitar
b. Pengaruh tahapan usia, kesehatan, dan tinggi tubuh
c. Pembentukan lingkungan alamiah dan lingkungan yang dibentuk
d. Kemampuan anak berbeda dan meningkat
14. Seorang guru memaparkan karakteristi seorang siswa sebagai berikut ;
- Menunjukkan semakin baik dalam memakai logika berpikirnya
- Dapat membina kekerabatan baik dengan sahabat sebaya di lingkungan sekolah.
Kedua indikator di atas memperlihatkan pesesrta didik tersebut telah mengalami perkembangan dalam aspek ...
a. Intelektual dan moral
b. Intelektual dan sosial
c. Intelektual dan spiritual
d. Intelektual dan emosional
15. Salah satu prinsip perkembangan yakni “ Laju perkembangan anak lebih pesat pada periode kanak-kanak dari periode berikutnya”. Implikasi terhadap pendidikan dari prinsip perkembangan tersebut adalah...
a. Program (kurikulum) belar mengajar disusun secara sedikit demi sedikit dan berjenjang
b. Program dan taktik pemnbelajaran seyogyanya diorganisasikan biar memungkinkan proses yang bersifat deduktif induktif
c. Program dan taktik berguru mengajar seyogyanya beroritasi pada materi
d. lingkungan hidup dan pendidikan kanak-kanak amat penting untuk memperkaya pengalaman dan mempercepat laju perkembangannya
Lihat yang lainnya :
Download Contoh 100 Soal dan Kunci Jawaban UKG Guru PAUD/TK/RA.doc
Download 10 Modul PKB Guru Pembelajar SD Kelas Tinggi KK-A Sampai KK-J
Download Kumpulan Gambar Logo-Logo Kementerian Republik Indonesia16. Bacalah wacana dibawah ini !
Pergilah Ari ke pasar memakai sepeda bututnya. Sesampainya di pasar, dibelilah kebutuhan-kebutuhan hidupnya bersama sang ayah yang sakit-sakitan. Setelah semua barang terbeli, ia kemudian mengayuh sepeda tuanya meuju rumahnya yang hanya berupa gubuk di pinggir sungai.
Paragraf di atas termasuk jenis wacana ...
a. narasi
b. argumentasi
c. eksposisi
d. deskripsi
17. Kegiatan di sekolahku demikian padatnya. Setiap hari saya harus masuk pukul 07.00. biar tidak kesiangan saya harus bangkit pukul 04.30. Setelah mandi saya shalat Subuh. Kemudian saya segera mengenakan seram. Tak lupa saya melihat lagi buku-buku yang harus saya bawa. Selanjutnya saya makan pagi. Lalu kira-kira pukul 06.00 saya berangkat. Seperti biasa saya berangkat memakai angkutan umum. Jarak rumah dan sekolahku tidak terlalu jauh, sekitar lima kilometer.
Paragraf tersebut termasuk wacana ...
a. Eksposisi
b. Deskripsi
c. Narasi
d. Argumentasi
18. Hal-hal yang dilakukan untuk mengidentifikasi kesulitan berguru akseptor didik yakni ...
a. Memperhatikan atau menganalisis hasil observasi dan laporan hasil proses pembelajaran
b. Mengidentifikasi kesulitan berguru pada bidang tertentu
c. Menandai dan menemukan kesulitan berguru
d. Menganalisis catatan hasil berguru
19. Bu Ita ingin melaksanakan evaluasi bercerita di kelas 3, khususnya dalam segi kebahasaan. Oleh lantaran itu, ia akan memperhatikan hal-hal berikut ini ...
a. Ketepatan kata, ketepatan ucapan, ketepatan kalimat
b. Ketepatan ucapan, pilihan kata, sikap yang masuk akal
c. Pilihan kata, ketepatan ucapan, dan penggunaan kalimat
d. Ketepatan ucapan, pilihan kata, mimik yang masuk akal
20. Mereka menulis karangan bebas di kelas.
Kalimat yang mempunyai pola yang sama dengan kalimat di atas yakni ...
a. Paman menanam pohon mangga di halaman rumah
b. Saya menulis buku harian
c. Paman menginap di rumah kami
d. Kami ingin berlibur di rumah nenek
21. Tahapan pemerolehan bahasa sanggup diperoleh melalu tahap linguistic. Berikut merupakan tahapan linguistic yang tertinggi yaitu ...
a. Tahap satu kata (holofrasis)
b. Tahap ibarat telepon (telephone speech)
c. Tahap ibarat tetegram (telegram speech)
d. Tahap ibarat bunyi atau ocehan (babling)
22. Kata-katamu sunggu pedas di telingaku.
Kalimat tersebut merupakan perubahan makna kata ...
a. Asosiasi
b. Generalisasi
c. Peyorasi
d. Sinestesia
23. Salah satu fungsi bahasa yakni sebagai penanda kepribadian. Yang dimaksud penanda kepribadian yakni ...
a. Fungsi yang sanggup membuat dunia imajinasi
b. Fungsi yang sanggup mengungkapkan perasaan dan jati diri
c. Fungsi yang sanggup memeperlihatkan perlakuan terhadap orang lain
d. Fungsi yang mengacu pada keragaman suku bangsa Indonesia
24. Tahap pemerolehan bahasa yang diperoleh melalui teriakan, rengekan, dengkuran yang mirip dengan bunyi abjad vokal atau konsonan. Tahap ini disebut tahap ...
a. Tahap vocalisasi (cooing)
b. Tahap satu kata (holofrasis)
c. Tahap ibarat telepon
d. tahap ibarat bunyi (babling)
25. Kami berguru di teras rumah.
Kata yang mempunyai pelafalan vocal yang sama dengan kata di atas yakni ...
a. Sejak jatuhnya jembatan itu, kami jadi terlambat.
b. Biarpun orang tuanya kaya raya, tetapi ia tidak sombong
c. Setiap hari adik memberi makan kelinci
d. Saya mendapat meja berguru di hari ulang tahunku yang ke 8
26. Bu Emma mempunyai kepedulian terhadap pengembangan potensi siswanya . Pada ketika menemukan siswa yang prestasinya lebih rendah dari tingkat kecerdasannya (underachievers). Salah satu upaya terbaik yang perlu dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajarnya adalah...
a. memperlihatkan kiprah berupa latihan soal dan rangkuman
b. memperlihatkan klarifikasi manfaat materi yang dipelajari di awal pembelajaran\
c. meningkatkan minat dan motivasi berguru serta melatih keterampilan belajar
d. disarankan untuk berkonsultasi kepada konselor pendidikan
27. Individu belum melaksanakan internalisasi nilai-nilai moral. Penalaran moralnya dikendalikan oleh faktor eksternal berupa eksekusi dan hadiah.. Menurut teori perkembangan moral dari Kohlberg pikiran sehat moral individu tersebut berada pada tingkat...
a. Konvensional
b. Prakonvensional
c. Pascakonvensiona
d. Praoperasional
28. Haris memperlihatkan gejala-gejala sikap yang cepat marah, gampang tersinggung, dan agresif, serta tidak sabaran, sehingga kurang disukai oleh teman-temannya. Dalam kekerabatan sosial dengan teman-temannya Haris cenderung menjadi anak yang...
a. Ditolak
b. Diabaikan
c. Kontroversi
d. Dijauhi
29. Giska termasuk anak yang cepat belajar. Prestasi belajarnya hampir pada semua bidang studi di atas KKM, namun Gina sering mendapat nilai di bawah KKM pada bidang studi menggambar, keterampilan, dan materi pelajaran menulis. Berdasarkan identifikasi faktor penyebab, kesulitan berguru Gina diduga disebabkan oleh...
a. kemampuan motorik halusnya belum berkembang dengan baik
b. tingkat kecerdasan di bawah rata-rata
c. sikap negatif terhadap keterampilan dan menggambar
d. kurangnya menyukai mata pelajaran bahasa
30. Untuk membantu akseptor didik mencapai sasaran pembelajaran, pada umumnya guru mengajarkan materi pelajaran dari yang sederhana dahulu kemudian materi yang kompleks, memperlihatkan soal dari yang gampang dahulu kemudian soal yang sulit.. Hal itu itu antara lain merupakan implikasi pendidikan dari prinsip
atau aturan perkembangan yaitu...
A. perkembangan berlangsung secara bertahap
B. perkembangan berlangsung sesuai iramanya
C. perkembangan sanggup dipercepat melalui proses belajar
D. perkembangan awalnya diferensiasi kesannya integrasi
KUNCI JAWABAN
1. A 11. ... 21.
2. A 12. ... 22.
3. A 13. 23.
4. D 14. 24.
5. A 15. 25.
6. A 16. 26.
7. B 17. 27.
8. D 18. 28.
9.D 19. 29.
10. C 20. 30.
Selengkapnya ada pada link di bawah ini.
Apabila ada yang belum terisi, silahkan berguru secara mandiri, siapa tahu benar semuanya. Amiin
Semoga postingan kali ini sanggup membantu Bapak Ibu yang akan melaksanakan Uji Kompetensi Guru (UKG) sebagai implementasi dari PKB.